Meriahkan Hari Pahlawan, Generasi Muda Abe Pantai Gelar Lomba Goyang Tobelo

Peserta Goyang Tobelo Berpose bersama Tokoh Perempuan Port Numbay, Nerlince Wamuar Rollo/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 11/11

JAYAPURA – Memperingati hari pahlawan yang jatuh tanggal 10 November, Generasi Muda Abe Pantai melaksanakan lomba goyang tobelo yang diinisiasi oleh Tokoh Perempuan Port Numbay yang juga Anggota Pokja Perempuan Majelis Rakyat Papua (MRP) Nerlince Wamuar Rollo.

Kegiatan yang berlangsung mulai sore hingga malam ini diselenggarakan di Kelurahan Abe Pantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Nerlince Wamuar Rollo mengatakan guna menghargai karya pahlawan, sudah sepatutnya kaum muda mengisinya dengan kegiatan positif.

“Kami punya pahlawan Elli Uyo adalah pahlawan yang kami banggakan, beliau adalah sosok Pahlawan yang pemberani menurut cerita orangtua kami, untuk itu kami gelar lomba bagi pemuda dan pemudi juga lapisan masyarakat lainnya yang ada di kelurahan abe pantai,” katanya.

Dikatakan kegiatan ini ditujukkan bagi generasi muda, tujuannya agar pemuda-pemudi mengetahui perjuangan para pahlawan yang sudah berjuang. Hal itu diharapkan menjadi penyemangat bagi kaum muda dalam menjalani kehidupan sehari-hari juga dalam kehidupan bermasyarakat dengan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif.

“Untuk menghormati jasa para pahlawan, sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik sesuai dengan tema pahlawanku ispirasiku,” paparnya.

Ia mengatakan lomba ini diisi dengan lomba tarian wayase dan goyang tobelo hal itu menjadi pilihan karena di Kelurahan Abe Pantai hidup dengan beragam suku.

“Kami memilih lagu ini karena kami beragam dari semua suku, sebagai persyaratan dalam lomba ini yakni, setiap kelompok harus berjumlah 20 orang, diawali dengan menyanyikan lagu wajib bangun pemudi-pemuda, kemudian disusul dengan penampilan tarian tobelo dari tiap peserta yang berjumlah 5 group, kampung nafri, kampung ambon, kampung biak, lingkaran dan akom, sehingga diharapkan hal ini menjadi spirit bagi kaum muda,”ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut keluar sebagai juara pertama peserta dari Kampung Ambon, kedua group lingkaran, ketiga group Akom, dan juara harapan satu group Kampung Nafri, harapan dua group Kampung Biak, dalam kesempatan tersebut juga diberikan hadiah bagi para pelatih dari tiap group.

“Jadi dalam kegiatan ini selain pemberian hadiah bagi para pemenang kita juga memberikan penghargaan bagi pahlawan kebersihan, karena seperti yang kita ketahui bahwa sosok pahlawan tidak hanya kepada mereka yang memerangi penjajah dalam berjuang merebut kemerdekaan, tetapi setiap orang bisa menjadi pahlawan di setiap bidangnya masing-masing,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: