Astra Motor Papua Dukung Budaya Lokal Dengan Hadir di FDS

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 24/06

Jayapura – Astra Motor Papua sebagai main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Papua yang Papua Barat hadir dalam festival kebudayaan yang diadakan setahun sekali, yaitu Festival Danau Sentani.

Acara Festival Danau Sentani 2024 dilaksanakan di Pantai Kalkothe yang berada persis di pinggir Danau Sentani. Dalam pelaksanaannya dari tanggal 19 Juni 2024 dan berakhir pada 23 Juni, Festival Danau Sentani menghadirkan banyak pertunjukan-pertunjukan seni yang merupakan ciri khas dari masyarakat sekitar.

Kepala Wilayah Astra Motor Papua, Thomas Pradu mengungkakan bahwa kehadiran Astra Motor pada Festival Danau Sentani merupakan bentuk perhatian kami terhadap kesenian dan kebudayaan asli Papua, khususnya Sentani. Astra Motor berharap bahwa budaya dan kesenian yang merupakan ciri khas suku-suku dapat tetap lestari dan juga lebih dikenal masyarakat luas.

“Sejalan dengan jargon sinergi bagi negeri, kami Astra Motor Papua bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura ingin agar kebudayaan dan juga kesenian lokal asli Papua dapat terjaga dengan diadakannya Festival Danau Sentani ini. Selain itu, dengan hadir pada festival rakyat yang bertema kebudayaan ini, kami ingin agar masyarakat makin merasakan kehadiran kami di tengah-tengah mereka dan juga bahwa kami selalu mendukung perkembangan masyarakat sekitar, terutama dalam hal ini adalah Kebudayaan,” ungkap Thomas pada Minggu, (23/06/2024).

Pada Festival Danau Sentani tahun 2024 ini menghadirkan banyak pertunjukan kesenian yang menarik seperti, Isosolo, Suling Tambur, Tari-Tari Tradisional, Tari Kreasi Modern, dan juga Pemilihan Putra-Putri FDS 2024.

Sesuai dengan tagline acara Festival Danau Sentani tahun 2024 yaitu “Isosolo is Our Culture”, pertunjukkan Isosolo dari 16 kampung di sekitar danau Sentani merupakan pertunjukan unggulan yang dihadirkan. Isosolo sendiri merupakan sebutan untuk kesenian diatas perahu yang dialakukan dengan menghias perahu dan menari diatasnya.

Adanya pemilihan Putra/Putri FDS juga merupakan hal baru yang dihadirkan pada acara tahun ini dengan harapan agar mereka yang terpilih dapat semakin menyebarluaskan keseniankesenian yang ada di Sentani.

Selain acara dan pertunjukkan kesenian, dalam Festival Danau Sentani 2024 juga dihadirkan banyak UMKM baik yang menjual makanan/ barang lokal maupun masa kini.

Disediakan juga tenant-tenant yang khusus diperuntukan bagi masyarakat sekitar untuk menjual kerajinan karya masyarakat sekitar seperti Noken, Kerajinan Lukisan Kayu, dll. Tentunya hal ini menunjukkan bahwa Festival Danau Sentani merupakan wadah yang dapat menampung dan juga mengembangkan UMKM dan juga pengerajin-pengerajin lokal.

“Kami, Astra Motor Papua berharap dengan hadir di Festival Danau Sentani 2024 ini dapat menunjukkan semangat kami dalam menjaga dan mengembangkan masyarakat sekitar, baik dari sisi seni, budaya, maupun ekonomi. Kedepannya juga kami akan terus hadir dan mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat di tanah Papua ini.

Tentunya di acara-acara kedepannya kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk turut hadir memeriahkan acara-acara lokal yang berada di Papua agar kesenian dan kebudayaan lokal terus bertumbuh dan berkembang,” tutup Thomas. (***)