Yermias Bisai Pimpin PASI Papua

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 23/02

Jayapura – Bupati Waropen Yermias Bisai dilantik dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum Pengprov PASI Papua periode 2022-2026.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Papua, mengusung tema perkuat sinergitas untuk mencapai prestasi atletik Papua menuju PON 21Aceh-Sumut, berlangsung di salah satu kafe di Holtekam, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (22/2).

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Bidang Organisasi dan Provinsi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Mayjen TNI (Purn) Zacky Anwar Makarim dengan Surat Keputusan (SK) PB PASI No: 020/SK/PB PASI/IX/2022 tentang Pengukuhan Personalia Kepengurusan PASI Provinsi Papua Masa Bakti 2022-2026.

Memulai sambutannya, Mayjen TNI (Purn) Zacky Anwar Makarim menyampaikan perasaan semangat karena baru pertama kali melantik kepengurusan PASI provinsi yang luar biasa seperti ini.

“Tadi ada satu kritik yang dilakukan oleh aktivis olahraga, orang yang cinta pada olahraga itu sangat luar biasa karena rasa cintanya pada PASI (sehingga) dia mengeluarkan apa yang ada pada hatinya. Dia ingin atletik itu harus maju dan itu saya anggap luar biasa sekali karena ketika diberikan penjelasan dia pun menerima (sehingga) bagi saya saudara Antaribaba itu seorang negarawan,” ungkap Makarim.

Makarim juga memberikan pujian kepada ketua terpilih, Yermias Bisai karena telah menghargai kritikan yang ditujukan pada dirinya.

“Ini semua merupakan pelajaran politik bagi kita dan akan semakin memperkuat PASI kedepannya,” ucapnya.

Dia mengatakan, atletik adalah ibu dari semua cabang olahraga (Cabor). “Seperti yang dikatakan mantan presiden Soeharto, ‘jangan harap kita bisa main bola kalau atletiknya tidak dibenahi’. Atletik adalah ibu segala olahraga, sehingga kalian tidak bisa berolahraga apapun kalau atletiknya tidak dibenahi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Papua Dr. Kenius Kogoya, mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan Pengprov PASI Papua periode 2022-2026.

“Puji syukur karena atas berkat dan rahmatnya kita bisa menyaksikan satu peristiwa, momentum yang bersejarah untuk kebangkitan PASI di Tanah Papua yang saat ini di nahkodai oleh pak Bisai yang kebetulan juga Bupati Waropen,” ujar Ketua Umum KONI Papua 

Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya menyatakan bahwa PASI adalah satu olahraga yang bergengsi. Seperti disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe pada pelepasan kontingen PON di Mandala bahwa ada dua Cabor primadona Papua yakni sepak bola dan atletik.

“Ini adalah dua Cabor yang jadi primadona karena bisa angkat harkat dan martabat orang Papua dan mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia di masa itu,” jelas Kenius.

Kenius Kogoya berharap di kepengurusan yang baru, PASI Papua dapat kembali bangkit seperti di era sebelumnya.

“Saya harapkan di kepengurusan yang baru bisa bangkitkan kembali atletik Papua seperti era-era lalu,” harapnya.

Sementara itu Ketua Pengprov PASI Papua, Yermias Bisai menegaskan, bagi pengurus Pengprov PASI Papua tidak diizinkan untuk melatih.

“Yang urus administrasi, administrasi saja dan tidak melatih. Supaya yang tidak melatih mengontrol yang melatih. Teman-teman pengurus yang merasa masih mau jadi pelatih, silahkan mengundurkan diri dari PASI Papua, karena saya tidak akan kasih kesempatan untuk kalianjadi pelatih,” tegasnya 

Kembali diingatkan Yermias Bisai, bagi yang belum mendapat kesempatan menjadi pengurus bisa menjadi pelatih maupun pengurus di tingkat kabupaten/kota.

“Tertibkan semua pengurus dari tingkat paling rendah, bila perlu sampai ke distrik, kabupaten hingga kita di provinsi. Kembalikan kejayaan PASI Papua pada era Irian Jaya,” pesannya.

Dia juga mengajak para mantan atlet yang pernah berjaya di eranya untuk bersama memberikan kontribusi demi kemajuan atletik seperti pada masa kejayaan terdahulu.

“Para senior dan kakak-kakak mari latih kalian punya anak-anak Papua dan saya siap akomodir kalian semua,” ajaknya. (QB)