Jaring Atlet Renang muda Papua, Lantamal X gelar lomba renang laut Danlantamal X Cup Open Water Swimming 2024

Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla (tengah) saat melakukan sesi foto bersama atlet renang muda yang menjuarai Danlantamal X Cup Open Water Swimming 2024/ Rio

tvpapua.com, Jayapura 29/06

Jayapura – TNI AL (Lantamal) X Jayapura menggelar Danlantamal X Cup Open Water Swimming 2024 untuk menjaring atlet renang generasi muda Papua.

Event tersebut berlangsung di Teluk Jayapura depan kantor gubernur Papua, jalan Soa Sio  Dok II  Jayapura Papua, Sabtu (29/06).

Sebanyak 180 peserta dari Jayapura, Kabupaten Sarmi, Merauke Papua Selatan dan Makasar Sulawesi Selatan mengikuti Danlantamal X Cup.

Danlantamal X Cup Open Water Swimming ini dibagi menjadi dua kategori yakni, kategori tanpa Pin dan Snorkle Jarak 500 meter untuk usia 13 tahun dan jarak 1000 meter untuk usia 14 -17 tahun, dan kategori pakai Pin dan Snorkle jarak 1000 meter dengan usia 13 tahun  serta jarak 2000 meter untuk usia 14 -17 tahun.

Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla, mengatakan bahwa Open Water Swimming ini dilaksanakan pada waktu libur sekolah dan event renang ini juga akan menjadi ajang tahunan.

“Event ini berlangsung pada hari libur anak sekolah, tujuannnya untuk menjaring atlet-atlet muda perenang dan untuk kedepannya selam. Kegiatan ini akan kami tingkatkan menjadi event nasional, agar lebih meriah, ramai dan bersemangat,” katanya.

Lanjutnya, dalam event tersebut ada dua perenang usia muda, yang mampu berenang sejauh 500 meter tanpa Pin dan Snorkle.

“Tadi ada dua perenang dengan usia muda, umur 6 tahun yang putra kemudian 8 tahun yang putri, itu luar biasa. Mudah-mudahan mereka tetap konsisten, tetap berlatih, sehingga terus bergiat dan berkarya dalam kegiatan renang Open Water Swimming,” ujar Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono.

Sementara itu staf ahli Gubernur Papua menyampaikan, bahwa dirinya merasa bangga, dan juga mengapresiasi upaya dan kerja keras dari Lantamal X dan seluruh panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan pengalaman yang berkesan bagi kita semua dan secara khusus kepada para peserta,” kata Yan Piet Rawar staf ahli Gubernur Papua.

“Saya mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan alam laut, karena laut adalah salah satu aset penting bagi Papua yang harus kita jaga secara  berkelanjutan,” lanjutnya.

Untuk di ketahui pemenang Danlantamal X Cup Open Water Swimming 2024 :

– Pemenang dengan kategori tanpa Pin dan Enorkle  500 meter 13 tahun Putra Juara 1 Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS, Juara 2 Lorenzo dari CSC dan juara 3 Rafael Marselino Z. Gabur dari CSC.

– Pemenang dengan Kategori tanpa Pin dan Snorkle  500 meter 13 tahun puteri, Juara 1 Nathania Z. Wohel  CSC, Juara 2 Friskilla Linda Qandibodibo dari ODC dan juara 3 Felycia Lovania Abel dari BMJ.

– Pemenang dengan kategori tanpa Pin dan snorkle  1.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Muhammad Rizky dari TCSC, Juara 2 Raditya Vedrodova S. dari VJS, dan juara 3 Lukas Bual Paotere Merauke.

– Pemenang dengan kategori tanpa Pin dan snorkle  1000 meter 14-17 tahun puteri  Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC.

– Pemenang dengan kategori menggunakan Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun putera Juara 1 Jesen Henega dari BMJ, Juara 2  Muh. Omar Hanaf Setiawan dari ABCS dan juara 3 Farel Alif Kurniawan dari CDC.

– Pemenang dengan kategori pakai Pin dan Snorkle  1.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Azkia Aulya Ramadhan VJS SC, Juara 2 Chaityne Parhasian M. dari CDS, dan juara 3 Nathania Z. Wohel  CSC.

– Pemenang dengan kategori pakai Pin dan snorkle  2.000 meter 13 tahun puteri Juara 1 Hanafizah Syabania dari TCSC. Juara 2 Yosephine Awi dari BMJ, dan juara 3 Pascha E. Infandi   BMJ.

Serta kategori pakai Pin dan Snorkle  2.000 meter 14-17 tahun putera Juara 1 Speniel Yarangga BMJ,  Juara 2 Alfi Dzaki Riyalam dari BMJ, dan juara 3 Oscar Roberth H. Sinaga dari CDC. (Rio)