Tingkatkan Kualitas dan Profesionalitas, 45 Wartawan Papua Ikut UKW

Sebanyak 45 wartawan yang berasal dari 4 Kabupaten/Kota di Papua mengikuti Ujian Kompentensi Wartawan ( UKW) yang di gelar Dewan Pers/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 04/08

JAYAPURA – Sebanyak 45 wartawan yang berasal dari 4 Kabupaten/Kota di Papua mengikuti Ujian Kompentensi Wartawan ( UKW) yang di gelar Dewan Pers selama dua hari, Kamis – Jumat (4-5/8/2022), di Hotel Horison Jayapura.

Dari 45 peserta UKW tersebut 28 diantaranya berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), 11 orang berasal dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan 6 orang berasal dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) Papua.

UKW kali ini sedikit berbeda dengan UKW sebelumnya, dimana tiga organisasi Pers yang ada di Papua menjalani UKW secara bersamaan di dalam satu ruangan. Peserta nya pun yang berasal dari empat kabupaten/kota, Kabupaten Jayapura, Serui, Merauke, dan Kota Jayapura.

Ketua IJTI Papua, Meirto Tangkepayung menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Pers selaku penyelenggara UKW di Papua. menurut pria yang akrab disapa Nugie tersebut masih banyak wartawan di Papua yang hingga kini belum mengikuti UKW.

“Masih banyak yang belum ikut UKW, maka dengan giat ini sangat membantu para wartawan di Papua, sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana pengetahuan kita wartawan di Papua dalam menjalankan tugas kita sebagai wartawan, apakah sudah kompeten atau belum,” ujarnya, Kamis (4/8/2022).

Ada tiga kelas yang di Uji pada UKW kali ini, mulai dari kelas Muda, Madya dan Utama.

“Kami dari IJTI sendiri hanya 1 kelas yaitu kelas Muda dan hanya diikuti oleh 6 orang, sebenarnya banyak wartawan Televisi yang mau ikut UKW ini, namun kami prioritaskan yang belum pernah UKW dulu, untuk yang kelas Madya dan Utama rencana akan kami gelar lagi pada akhir tahun,”jelasnya.

Nantinya para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat dan kartu UKW.

“Kartu tersebut nantinya bisa dipakai sebagai bukti kepada nara sumber bahwa wartawan tersebut sudah dinyatakan kompoten untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan jenjang yang diikuti,” jelasnya.

Lanjut Nugie menerangkan, untuk jenjang Muda adalah bagi wartawan yang turun langsung kelapangan untuk mencari berita, jenjang Madya untuk para redaktur sedangkan jenjang Utama khusus buat pimpinan Redaksi. “Dengan adanya kompetensi jenjang tersebut maka perusahaan pers bisa menempatkan wartawan sesuai dengan sertifikasi UKW yang sudah di lewati,” terang Nugie.

Kedepan Pimpinan Redaksi topikpapua.com tersebut berharap agar wartawan yang ada di Papua dan belum mengikuti UKW agar bisa segera ikut, sehingga bisa mengantongi kartu UKW yang bisa dipakai untuk mempermudah kinerja wartawan dilapangan maupun di kantor redaksi.

“Kalau sudah mengantongi kartu UKW kan enak ya, bisa percaya diri meliput, tidak dibilang wartawan abal-abal, dan bagi jenjang Madya dan Utama bisa di pakai sebagai harga tawar kepada perusahaan pers untuk menduduki jabatan redaktur maupun Pimred,” tandasnya. (QB)