OPD Pemprov Papua Diminta Tingkatkan Capaian MCP 2023

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 05/07

JAYAPURA – Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, bekerja keras meningkatkan capaian indikator Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2023. 

Hal demikian sebagaimana wujud dan komitmen awal Pemerintah Provinsi Papua dalam melaksanakan upaya-upaya program pemberantasan korupsi terintegrasi di Bumi Cenderawasih.

“Sejak tahun 2018 sampai saat ini, pencapaian nilai MCP Papua terus meningkat, hanya saja pada tahun 2022 lalu, sempat menurun yang disebabkan belum dilaksanakannya beberapa indikator di beberapa area intervensi.”

“Oleh karena itu, kami mengajak OPD bisa mendongkrak nilai MCP (2023), tentunya sebagai wujud dan komitmen untuk melaksanakan upaya-upaya program pemberantasan korupsi terintegrasi,” terang Gubernur Ridwan, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Inspektur Papua Anggiat Situmorang, pada Sosialisasi Pemenuhan Indikator dan Sub Indikator MCP 2023, Rabu (5/7/2023), di Kota Jayapura.

Hasil capain MCP Provinsi Papua tahun 2022 sendiri berprogres sebesar 55, 91  persen. Dengan perincian di area perencanaan 60,25 persen, pengadaan barang dan jasa 58, 90 persen, perijinan 77,02 persen,  APIP 55, 07 persen, manajemen ASN 42,01 persen, optimalisasi pajak daerah 74,42 persen dan  pengeloaan barang milik daerah 16,66 persen.

Sementara lewat penyelenggaraan kegiatan sosialisasi, Gubernur Ridwan berharap semakin memperkuat dan mempercepat implementasi program pencegahan korupsi secara terstruktur, terpola dan terencana oleh masing-masing OPD. 

Sebab upaya pencegahan korupsi menjadi tanggung jawab semua pihak, Sehingga wajib memiliki komitmen yang kuat dalam mencegah dan memberantas korupsi. 

“Oleh Karena itu, saya mengajak seluruh pihak yang hadir di sini untuk sama-sama berusaha melaksanakan seluruh kegiatan yang diminta sesuai dengan indikator dan sub indikator yang ada didalam pedoman penilaian MCP serta tetap memperkuat integritas, transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing.”

“Dalam kesempatan ini pula, saya mengajak seluruh peserta rapat untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan memberikan kontribusi terbaik dalam upaya pemenuhan indikator dan sub indikator MCP Papua 2023. Saya juga mengharapkan bahwa hasil dari rapat koordinasi ini dapat menghasilkan keputusan yang konkret dan dapat diimplementasikan dengan baik,” tandas Gubernur. (QB)