BI Papua Siapkan Uang Tunai Rp 5,3 Triliun Sambut Nataru

Spread the love
Ilustrasi/ by Google

tvpapua.com, Jayapura, 23/12

JAYAPURA – Guna memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat Papua selama Natal dan Tahun Baru, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp5,3 triliun. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya mengatakan, perkiraan kebutuhan uang tunai tersebut relatif sama dibandingkan dengan kebutuhan tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan berlanjutnya pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat.

“Peningkatan transaksi nontunai di Papua, dan peningkatan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) baik dari sisi penerimaan maupun belanja turut menjaga jumlah kebutuhan uang tunai,” katanya, Kamis (22/12/2022).

Juli menjelaskan, Bank Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan instrumen nontunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital banking.

“Berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah sebagai bentuk Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah,” pesannya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.