Wagub Lantik Bupati dan Wakil Bupati Waropen, Bupati Nduga, Bupati Boven Digoel

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengambil sumpah dan melantik secara resmi Bupati dan Wakil Bupati Waropen, Bupati Nduga serta Bupati Boven Digoel/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 16/03

JAYAPURA – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Waropen, Bupati Nduga, Bupati Boven Digoel resmi dilantik oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal atas nama Menteri Dalam Negeri yang dilaksanakan di Gedung Negara Dok V Jayapura, Senin (15/03/21).

Satu pasangan Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada serentak 2020 adalah Yermias Bisay – Lamek Maniagasi (Waropen), sementara Wentius Nimiangge sebagai Bupati Nduga dengan sisa masaBjabatan 2017-2022 dan Chaerul Anwar bupati Boven Digoel masa jabatan 2016-2021.

Wagub dalam sambutannya berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik, agar dalam menjalankan roda pemerintahan harus selalu kompak dan solid serta terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua.

“Koordinasi dengan pemprov harus terus dijaga dan ditingkatkan, jangan setelah dilantik terus lupa dengan pemprov, ini berdasarkan hasil evaluasi.  Kami ingatkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua adalah wakil Pemerintah Pusat,” tegasnya.

“Hal yang menyangkut APBD, tidak semua APBD kapasitas fiskal besar, ada juga yang kecil. Apabila tidak bangun komunikasi dengan pemprov bagaimana mau membantu pembangunan,” lanjutnya lagi.

Wagub Klemen Tinal pada moment tersebut juga meminta dukungan Bupati dan Wakil Bupati, terkait pelaksanaan PON XX 2021 yang merupakan iven empat tahunan dimana Papua menjadi tuan rumah penyelenggara.

“Bagi kepala daerah yang baru dilantik, mari bersama kita dukung penyelenggaraan iven ini agar dapat berjalan sukses. Silahkan masyarakatnya diberdayakan misalnya membuat tifa dan noken bermotif daerah masing-masing, nanti yang beli PB PON, dengan begitu masyarakat juga bisa merasakan dampak ekonomi dari penyelenggaraan iven ini,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: