Semarakan HUT RI Ke-75 Rumah Bakau Jayapura Beri Edukasi dan Gelar Lomba

Rumah Bakau Jayapura gandeng Koramil 1701-02 Jayapura Utara dan Pemuda Panca Marga (PPM)  Provinsi Papua gelar kegiatan lomba bagi anak-anak/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 14/08

JAYAPURA – Menyemarakan HUT RI ke-75 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2020, Rumah Bakau Jayapura gandeng Koramil 1701-02 Jayapura Utara dan Pemuda Panca Marga (PPM)  Provinsi Papua gelar kegiatan lomba bagi anak-anak yang digelar di kediaman salah satu kepala suku pegunungan tengah di Jayapura, bertempat di Kompleks Honai RT 06/ RW 9, Kelurahan Imbi Dok VIII atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Kamis, (14/08).

Kegiatan dimulai dengan memberikan edukasi kepada anak-anak pengertian dampak dari sampah yang dibuang sembarangan hingga akibat terjadinya longsor dan banjir yang disebabkan adanya penebangan hutan, dilanjutkan dengan lomba lompat karung, makan kerupuk, dan kelereng yang terbagi dalam kelompok umur, juga lomba tarik tambang dan lompat karung bagi orang dewasa yang diadakan secara spontanitas.

Ketua Panitia Bunda Groovie mengatakan selama masa pandemi masyarakat hanya berdiam diri didalam rumah mengikuti anjuran pemerintah seperti bekerja dari rumah dan belajar secara online, untuk itu kita mengadakan kegiatan ini sebagai suatu hiburan bagi anak-anak juga dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75.

“Kami mengadakan kegiatan ini bagi anak-anak untuk mengisi kejenuhan selama adanya wabah covid-19 selain itu kami ingin membangun suatu kebersamaan, menumbuhkan rasa percaya diri dari masing-masing anak dengan memberikan ruang bagi anak-anak ini untuk bermain,” katanya.

Kegiatan ini merupakan hasil aspirasi masyarakat setempat yang diwujudkan oleh Rumah Bakau Jayapura dengan dukungan dari PPM Mada Papua dan Koramil 1702-02 Jayapura Utara.

“Rumah bakau Jayapura sebagai inisiator berharap apa yang dilakukan ini dapat menjadi contoh bagi anak muda lainnya agar lebih kreatif dalam mengemas suatu kegiatan yang ditujukkan kepada masyarakat tanpa bantuan dari pemerintah juga pihak sponsor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Danramil 1701-02 Jayapura Utara Kapten Inf Guntur Lukas Tjoe  menyampaikan mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Rumah Bakau Jayapura juga Pemuda Panca Marga di tengah-tengah pandemi Covid-19.

“Seperti kita ketahui bersama kasus covid-19 di Kota Jayapura angkanya cukup tinggi, dengan suasana seperti ini tentunya tidak menghalangi kita untuk tetap memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini kita mengedukasi masyarakat juga anak-anak tentang Covid-19 serta pencegahannya yakni dengan mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Nilai-nilai yang ditanamkan saat ini adalah nilai-nilai juang, kami memperkenalkan kepada anak-anak yang ada di pinggiran kota ini dengan harapan rasa cinta terhadap tanah air akan selalu tumbuh dan tetap terjaga,” ucapnya.

Ditempat yang sama Yance Lambe selaku kepala suku Pegunungan tengah mengakui sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini.

“Kami senang karena sebelumnya belum pernah ada acara seperti ini, antusias masyarakat dari orangtua hingga anak-anak sangat luar biasa,” akunya. (QB)

%d blogger menyukai ini: