Tandatangani MoU, Pemprov Jamin Penyelenggaraan PON XX di Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe beserta unsur Forkopimda saat menandatangani nota kesepakatan jaminan pelaksanaan PON XX Papua di Gedung Negara, Kota Jayapura/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 13/12

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) bersama kepala daerah cluster penyelenggara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Papua, Pengurus besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua yang disaksikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, di Gedung Negara Dok V Jayapura, Rabu (11/12).

Nota kesepahaman ini terkait penggunaan aset (venue dan asrama) dari Pemerintah Kabupaten/Kota maupun milik TNI/Polri dan gereja yang akan digunakan selama penyelenggaraan PON nanti.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengajak seluruh pihak terkait untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX. Mengingat, target percepatan persiapan pesta olahraga empat tahunan itu berakhir pada Juli 2020.

“Terkait fasilitas utama, baik yang sudah dikerjakan maupun yang masih dalam tahap pengerjaan harus selesai pada Juli 2020, baik dari Dana APBN maupun APBD kita,” katanya.

Enembe menegaskan mengenai fasilitas pendukung PON harus sudah selesai. Fasilitas, seperti akomodasi, transportasi, konsumsi, kesehatan dan lainnya. Sehingga sebagai tuan rumah tinggal menunggu Penyelenggaraan yang akan berlangsung pada 22 Oktober 2020.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno menegaskan jika pihaknya sudah meyakinkan seluruh provinsi di Indonesia yang akan mengikutkan kontingennya bahwa penyelenggaraan PON XX akan berjalan sukses di Papua.

“Kami sudah katakan kepada seluruh provinsi bahwa tidak perlu khawatir, PON di Papua tetap jadi,” ujarnya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah. “Kami yakin PON akan sukses di Papua,” kata Suwarno. (QB)

%d blogger menyukai ini: