HUT ke-74 Dimeriahkan Tarian Kolosal Yosim Pancar

Gubernur Papua Lukas Enembe, menyerahkan duplikat bendera pusaka merah putih kepada Elsya Maharani Faweis Waromi, siswa SMK Analis Kesehatan Jayapura, ketika upacara peringatan HUT ke-74 RI Provinsi Papua di Stadion Mandala, Jayapura/ QB

tvpapua.com. Jayapura (18/08)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Provinsi Papua, dimeriahkan tarian kolosal Yosin Pancar dan dentuman sebanyak 17 kali dipusatkan di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (17/08). Tarian kolosal Yosim Pancar diikuti seratusan pemuda, pemudi, pelajar dan anggota TNI/Polri, sembari melambaikan puluhan bendera merah putih.

Peringatan HUT ke-74 mengusung Tema SDM Unggul Indonesia Maju ini dihadiri Forkompimda Papua, Pimpinan OPD, TNI/Polri, ASN, Pelajar di Kota Jayapura. Peringatan HUT ke-74 ini juga dihadiri beberapa tamu dari negara tetangga Papua New Guinea (PNG), yakni Konjen Papua New Guinea (PNG) di Jayapura Geoffrey Wiri dan istri.

Gubernur Papua Lukas Enembe menjadi Inspektur Upacara (Irup), dalam peringatan HUT ke-74. Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, lulusan Akademi Militer tahun 2001 dengan jabatan sehari-hari Komandan Secata Rindam XVII/Cenderawasih. Elsya Maharani Faweis Waromi siswa SMK Analis Kesehatan Jayapura dipercaya menjadi pembawa duplikat bendera pusaka merah putih pada upacara HUT ke-74 RI tingkat Provinsi Papua.

Selain Elsya, untuk pembentang, pengatur tali dan penggerek bendera yaitu Yeremia Stanly Menzo Meraudje, Archilaus MC Burwos dan Sabrain Jonathan Yensenem. Masing-masing merupakan siswa dari SMA YPPK Teruna Bakti, SMA Negeri 3 Jayapura dan SMA Kalam Kudus Jayapura.
Komandan Paskibraka yakni Kapten Caj Mario Ferbriano Tedez yang sehari-hari menjabat Kasi Tuud Ajendam XVII/Cenderawasih.
Gubernur Enembe mengatakan, peringatan HUT ke-74 RI merupakan momen bersejarah, untuk Indonesia memajukan Sumber Daya Manusia (SDM).

Peringatan HUT ke-74 RI Provinsi Papua dimeraihkan tarian kolosal Yosim Pancar, diikuti seratusan pemuda, pemudi, pelajar dan anggota TNI/Polri, sembari melambaikan puluhan bendera merah putih di Stadion Mandala, Jayapura/ QB

Usai upacara peringatan HUT ke-74, dilanjutkan pertemuan Forkompimda Provinsi Papua bersama pejuang legium veteran RI Papua di Main Hall, Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura.

Sekda Papua TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP, MSi mengatakan, berbagai perbedaan yang sering kali terjadi di negara kita dan juga di Provinsi Papua, saya atas nama Gubernur menghimbau dengan penuh rasa hormat kepada seluruh pemangku kepentingan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk terus bergandengan tangan membangun Tanah Papua.

“Apa yang tadi disampaikan oleh Ketua Veteran Provinsi Papua terkait kegiatan yang akan dilaksanakan bulan Oktober, kami pemerintah akan membantu semampu kami,” kata Sekda.

Oleh karena itu, Sekda mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama- sama menjaga tanah ini, memelihara persatuan dan kesatuan, memelihara solidaritas, toleransi di Tanah Papua.

Ketua Ketua Legiun Veteran RI Papua, Koesmanto mengatakan seluruh Legium Veteran RI Papua merencanakan menggelar kegiatan, untuk mempererat tali silaturahmi di Jayapura pada Oktober 2019 mendatang.

“Kami berharap agar Pemerintah Provinsi Papua dapat ikut serta membantu para Legium Veteran RI Papua, agar kegiatan dapat berjalan baik,” jelasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: