Perekonomian Provinsi Papua mengalami peningkatan

Caption : Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Fauzan/ Ian

tvpapua.com, Jayapura, 06/06

Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Fauzan mengatakan, Kinerja perekonomian Provinsi Papua pada triwulan I 2018 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan triwulan sebelumnya.

“triwulan I 2018 tumbuh sebesar 28,93%, lebih tinggi dari triwulan sebelummya yang tumbuh sebesar 4,78%. Pertumbuhan ini berada di atas pertumbuhan nasional sebesar 5.06% dan menjadi pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan lapangan usaha, kinerja lapangan usaha pertambangan masih menjadi sumber pertumbuhan utama ekonomi Papua pada triwulan I 2018.

“Tercatat pertumbuhan ekonomi lapangan usaha pertambangan pada triwulan I 2018 tumbuh signifikan mencapai 74,06% jauh lebih tinggi dari triwulan IV 2017 yang tumbuh sebesar 3,28%, Sementara itu, lapangan usaha pertanian dan perdagangan besar, eceran, reparasi motor dan mobil juga tumbuh lebih tinggi dari triwulan sebelumnya. Tercatat, pertumbuhan masing-masing lapangan usaha sebesar 7,49% dan 7,81%,” katanya.

Di sisi lain, lapangan usaha konstruksi dan administrasi pemerintah tumbuh melambat pada triwulan I 2018. Sendangkn mengalami kenaikan ekspor luar negeri menjadi pendorong utama kenaikan ekonomi Papua pada triwulan I 2018. [Ian]

%d blogger menyukai ini: