MRP Menerima Dokumen Verifikasi Keaslian Orang Papua Dari Pansus Pilgub DPR Papua

Caption : Penyerahan Dokumen Verifikasi Keaslian Orang Papua oleh Ketua MRP Matius Murib kepada Ketua Pansus MRP Benny Sweny/ Fan

tvpapua.com, Jayapura, 16/02

Pansus Pilgub Papua secara resmi menyerahkan dokumen verifikasi Keaslian Orang Papua kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) yang merupakan persyaratan bagi pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua melalui Rapat Pleno di aula MRP, Rabu 14/2.

Dokumen diserahkan langsung oleh Ketua Pansus Pilgub DPR Papua Thomas Sondegau yang diterima oleh Sekertaris MRP Wasuok Damianus Siep, dan selanjutnya dokumen tersebut diberikan Kepada Ketua MRP Matius Murib, yang kemudian diteruskan kepada Pansus MRP untuk dilakukan Verifikasi dalam waktu 5 hari.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda Mengatakan, berdasarkan mekanisme Undang-Undang 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus).

“ini adalah tahapan yang kami lakukan sesuai dengan mekanisme yang ada, sesuai dengan Undang-Undang 21, Kemarin kami secara resmi terima berkas dari KPU Provinsi Papua dan hari ini kami secara resmi menyerahkan ke MRP untuk dilakukan verifikasi keaslian Orang Asli Papua,“ Kata Yunus Wonda

Yunus menyampaikan akan menunggu Penyerahan dokumen hasil Verifikasi yang dilakukan oleh MRP. “kami tunggu kapan mereka akan selesai dan dikembalikan lagi ke DPRP untuk diteruskan ke KPU Provinsi Papua,” Ujarnya.

Yunus juga mengajak seluruh masyarakat Papua agar mendukung tahapan pilkada dan tidak terpancing dengan isu yang berkembang.

“mekanisme harus kita ikuti semua, dan sampai hari ini kita belum merugikan pasangan bakal calon. Sehingga mari kita semua memberikan dukungan kepada tahapan yang sedang berjalan ini, persoalan besok, mereka akan maju pilkada papua dan biarkan rakyat yang memilih,” katanya.

Sementara itu Ketua MRP Papua Timotius Murib mengatakan, dokumen verifikasi dari DPR Papua telah diserahkan kepada Pansus MRP untuk dapat diproses. Mengingat waktu verifikasi yang diberikan hanya 5 hari, sehinga mulai hari ini kami akan maraton untuk melakukan tahapan-tahapan verifikasi keaslian OrangAsli Papua.

“ Kami akan Rapat Pleno untuk penetapan dan kemudian diserahkan kembali ke DPRP, “ ujar Timotius Murib.

Dalam penerimaan verifikasi keaslian orang papua kali ini berbeda dengan tahapan pilkada gubernur sebelumnya, kali ini penyerahan dokumen verifikasi diberikan langsung  pada Pansus DPRP dan didampingi Ketua DPRP untuk diserahkan langsung kepada MRP melalui Rapat Pleno. [fan]

%d blogger menyukai ini: