Penyerapan Tenaga Kerja OAP di Kota Jayapura Masih Minim

Spread the love
Anggota Komisi D DPRD Kota Jayapura, Sely Fero Tandipayung, saat di wawancara para awak media/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 28/04

Jayapura – Komisi D DRPD Kota Jayapura telah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah dunia usaha dan industri, guna memantau secara langsung penyerapan tenaga kerja Orang Asli Papua (OAP).

Dari hasil monitoring dilapangan, menurut Sely Fero Tandipayung ditemukan masih banyaknya dunia usaha dan industri di Kota Jayapura yang minim mempekerjakan OAP.

“Ada 12 perusahaan yang kita temui, dan hanya 2 badan usaha yang mengakomodir pekerja orang asli Papua, alasannya yakni masalah disiplin, ada yang hanya kerja dua hari dan sebulan terus keluar, hal ini sudah sering terjadi,” ujar anggota Komisi D DPRD Kota Jayapura, Sely Fero Tandipayung, saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

Sely juga mengatakan, ini akan menjadi bahan dalam penyusunan Peraturan Daerah (Perda) kedepan.

“Jadi salah satu poin yang akan kita masukan dalam perda soal ketenagakerjaan nanti ketika ada badan usaha yang membuat surat ijin, kita akan minta daftar karyawan untuk mengecek berapa persen atau berapa banyak jumlah tenaga kerja orang asli Papua didalamya,” terangnya.

Menyangkut hal ini, langkah yang akan diambil adalah melakukan koordinasi dengan pihak terkait yakni Dinas Ketenagakerjaan.

“Kita berharap dari dinas melakukan pelatihan-pelatihan bagi para calon tenaga kerja, sebagai bekal bagi mereka agar lebih siap lagi ketika turun ke dunia kerja, selain itu biar lebih semangat dan termotivasi untuk maju dan mewujudkan menjadi tuan di negeri sendiri,” tutupnya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.