Pemprov Papua Barat Daya Berencana Bangun Museum Otsus

Spread the love
Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad saat diwawancarai para awak media/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 25/11

Sorong – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) berencana akan membangun museum Otonomi Khusus (Otsus) yang akan dilakukan di Kota Sorong pada 2024.

Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan, museum itu nantinya akan menceritakan perjuangan banyak pihak hingga Otonomi Khusus digulirkan di Bumi Cenderawasih.

“Dengan adanya museum Otsus, kedepan misalnya kita dapat merencanakan apa yang akan kita lakukan,” katanya, Jumat (24/11).

Disampaikan Pj Gubernur, museum Otsus ini diharapkan dapat mulai dibangun pada 2024 guna menyiapkan generasi muda agar tidak lagi “berteriak” soal Otonomi Khusus namun mulai memikirkan bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain itu, museum ini juga diharapkan dapat menjadi pusat budaya dan tempat generasi muda belajar soal otonomi khusus,”ucapnya.

Musa’ad menerangkan, dari museum ini diharapkan “visium” otonomi khusus dapat ditelaah banyak pihak dan diterapkan dalam setiap kebijakan yang dibuat kepala daerah.

“Sehingga nantinya dalam setiap peringatan Hari Otonomi Khusus, kita tidak kembali ke awal namun dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya,”ujarnya.

Hal yang cukup mendasar dan paling diharapkan pada Otsus jilid dua atau Otsus era baru ini menurutnya adalah bisa lebih efektif dari sebelumnya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.