Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Lantik Wakil Bupati Pegubin PAW

Spread the love
Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH,MH, melantik Kris Bakweng Uropmabin, ST sebagai Wakil Bupati Pegubin Pengganti Antar Waktu (PAW)/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 08/02

Wamena — Kabar gembira masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin). Bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Wamena, Rabu, 8 Februari 2023, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH,MH, melantik Kris Bakweng Uropmabin, ST sebagai Wakil Bupati Pegubin Pengganti Antar Waktu (PAW).

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan dalam sambutannya menyampaikan selamat dan proficiat kepada Wakil Bupati Pegubin yang baru dilantik. Kiranya dengan pelantikan ini, Wakil Bupati Kris Uropmabin bisa membantu Bupati dan Forkopimda Pegubin untuk menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Kepada keluarga yang hadir, tentu merasa sangat bangga dan bergembira karena saya sudah lantik wakil bupati. Mohon doa dan dukungan bapak ibu sekalian supaya nantinya, beliau dalam menjalakan tugas dengan baik membangun Pegunungan Bintang. Kami turut berbangga juga atas pelantikan hari ini. Selamat bekerja Tuhan Yesus memberkati,” kata Pj Gubernur Nikolaus Kondomo.

Menurut Nikolaus, Kris Uropmabin dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100: 1.3/13/2023 tanggal 9 Januari 2023 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Pegunungan Bintang untuk sisa masa jabatan hasil pemilihan kepala daerah 2020-2025.

“Atas nama pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, saya mengucapkan selamat kepada suadara Kris Bakweng Uropmabin, ST sebagai Wakil Bupati Pegunungan Bintang. Saya minta saudara dapat segera melakukan langkah-langkah strategis bersama bupati dan Forkopimda beserta seluruh pemangku kepentingan dalam menggerakan roda pemerintahan, menetapkan skala prioritas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta mengutamakan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Nikolaus. 

Ia mengatakan, dari namanya, ia merasa Kris Uropmabin adalah bagian dari keluarga besarnya. Namanya tak a sing di telinga mantan Kejati Papua ini.

“Kita ini satu suku besar, mulai dari Pegunungan Bintang sampai Boven Digoel. Kalau bapak mama di Pegunungan Bintang bilang Ok itu air, kami di Boven Digoel juga sama, Ok itu air. Sama kan. Kita satu suku besar,” tuturnya.

Hadir dalam pelantikan itu, Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si bersama sejumlah kepala OPD, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Pegunungan Dr. Tumbo Sumule, SE,MM bersama sejumlah OPD, Kapolres Pegubin AKBP M. Davi Bustomi, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murip, Ketua DPRD Pegubin Denius T. Uopmabin dan sejumlah anggota DPRD Pegubin dan para tamu undangan lainnya dari Pemda Jayawijaya.

Kris Uropmabin terpilih dalam Sidang Paripurna Pemilihan Wakil Bupati oleh para anggota DPRD pada 8 November 2022 lalu untuk menggantikan wakil bupati Piter Kalakmabin, A.Md yang meninggal dunia karena sakit pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Sebagaiman diberitakan sebelumnya, Pada, Selasa, 8 November 2022, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pegunungan Bintang sukses mengggelar sidang paripurna dengan agenda  Pemilihan Wakil Bupati Pengganti  Antar Waktu (PAW) di kantor DPRD di Kukding, Kota Oksibil.

Dalam sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Pegubin Denius Taplo, ada dua kandidat wakil bupati yang diusung oleh Partai Golkar yakni Terianus Keduman, S.AT.  (nomor urut 1) dan Kris B. Uropmabin, ST (nomor urut 2). Kris adalah Ketua Fraksi Gabungan Golkar, HANURA dan PAN DPRD Pegubin. 

Dari 25 anggota DPRD Pegubin yang ada, sebanyak 21 anggota hadir dalam pemilihan itu. Hasilnya, Kris Uropmabin pun menang mutlak meraih 18 suara. Sementara rivalnya Terianus Keduman hanya meraih 3 suara. Pimpinan dewan pun setempat mengetuk palu mengesahkan hasil pemilihan itu dan siap mendorong ke Pemerintah Provinsi Papua dan Menteri Dalam Negeri untuk selanjutnya menjadwalkan pelantikan. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.