Kemenkominfo Ajak Jurnalis Papua Tingkatkan SDM Melalui Program Literasi Digital

Spread the love
Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kemekominfo RI, Bambang Gunawan, saat sesi foto bersama Jurnalis Papua/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 27/09

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Program Literasi Politik dan Pemerintahan melalui Kunjungan Jurnalis Papua, 25 – 30 September 2022 di DKI Jakarta dan Yogyakarta dengan mengusung tema “Peran Jurnalis Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa”.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kemekominfo RI, Bambang Gunawan mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Program dan kegiatan ini untuk mengedepankan pengembangan dan peningkatan kualitas dan ketrampilan sumber daya manusia Indonesia,” kata Bambang Gunawan, Senin (26/9/2022) di Jakarta.

Dalam hal informasi dan komunikasi, Kementerian juga melibatkan para jurnalis sebagai bagian dari insan Indonesia yang memiliki potensi Untuk tumbuh dan berkembang.

“Jurnalis adalah tonggak demokrasi bahkan adalah poros yang menjaga keseimbangan penyelenggara negara lainnya, yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif,” jelasnya.

Bambang menerangkan, tantangannya adalah jurnalis wajib menghadirkan fakta sebagai informasi yang baik dan benar bagi masyarakat di era digital.

“Produksi pemberitaan oleh jurnalis dilakukan dengan serangkaian keahlian, ketrampilan, pengalaman, dan hati nurani di mana sebuah fakta perlu disampaikan serta merta atau menjaga agar masyarakat tidak bergejolak,” ujarnya.

Bambang berharap, kunjungan dan pertemuan jurnalis Papua dengan Pemerintah Pusat dan pelaku media massa di tingkat nasional dan lokal diharapkan dapat menjadi salah satu penyegaran dalam keseharian seorang jurnalis.

Sementara itu, Roberth Yewen kontributor Kompas.com mengatakan ini sebuah langkah yang baik untuk peningkatan, pengetahuan dan membangun literasi.

“Ini kegiatan positif, semoga kedepan dapat terjalin kemitraan antara media di Papua dengan pemerintah melalui Kemenkominfo dan kementerian lainnya,” tandasnya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.