KOMPAK-BaKTI gelar kegiatan membaca data bersama Jurnalis Papua dan Papua Barat

Para Jurnalis Papua dan Papua Barat Berfoto Usai kegiatan membaca data/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 28/02

SORONG – KOMPAK-BaKTI menggelar kegiatan News cafe sesi “membaca data”. Kegiatan tersebut berlangsung disalah satu hotel di Sorong, Senin 28/02, yang diikuti sebanyak 30 jurnalis dari Manokwari, Sorong Papua Barat dan Kota Jayapura, Papua.

Team Leader Communication KOMPAK-BaKTI, Caroline Tupamahu, menyampaikan melalui kegiatan News cafe sesi “membaca data” diharapkan dapat meningkatkan kemampuan jurnalis untuk menampilkan data dalam narasi dan visual untuk pemberitaan. Karena sifatnya yang memfasilitasi dialog antar media dan pemerintah.

Pelatihan dilakukan untuk menghubungkan jurnalis dan instansi pemerintahan, terutama dalam mengakses data pembangunan di dua provinsi ujung timur Indonesia ini. 

Menurutnya, dengan jejaring komunikasi yang berkualitas ini, informasi tentang kerja-kerja pendataan OAP berbasis kampung yang dilakukan Pemerintah Papua Barat melalui SAIK+ dan Pemerintah Papua melalui SIO Papua terdistribusi kepada para jurnalis dapat selalu terbaharui (updated). 

Kata Caroline, imbasnya, jumlah pemberitaan tentang manfaat dan pemanfaatan SAIK+ dan SIO Papua oleh pemerintah Provinsi Papua Barat dan Papua, kabupaten dan berbagai pihak lain oleh media lokal maupun nasional pun meningkat. 

“Kita mendapat informasi dari teman-teman (jurnalis) bahwa mereka kesulitan mendapat data. Kita berharap hari ini teman-teman bisa mendapatkan data di pemerintahan, supaya tidak hanya bad news tapi juga good news (yang diberitakan),” katanya usai kegiatan.

Sementara itu Ketua Harian Sekber Prospek Otonomi Khusus Papua Barat, Legius Wanimbo mengatakan, SAIK+ dapat diakses dan digunakan untuk membantu perencanaan pembangunan di tingkat kampung/kelurahan dan distrik hingga provinsi.

“Kami berharap melalui SAIK+ ini perencanaan otsus betul-betul berbasis data. Saya juga berharap peran para jurnalis sebagai corong pembangunan melalui pemberitaan,” jelasnya.
(QB)

%d blogger menyukai ini: