Mengusung Tema Budayaku Jati diriku Mamberamo Raya Gelar Pesta Budaya 2

Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Raya Yakobus Britay Membuka Secara Resmi Pesta Budaya 2 dengan Penabuhan Tifa/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 03/01

Burmeso – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mamberamo Raya kembali menggelar Pesta Budaya 2 yang berlangsung selama 2 (dua) hari 30 – 31 Desember tahun 2020 di Burumeso Kabupaten Mamberamo Raya.

Kegiatan ini mengusung Tema Budayaku Jati Diriku dan Sub Tema Melalui Pesta Budaya 2 Kita Menata Kelembagaan Budaya Sebagai Mitra Pemerintah Daerah Menuju Masyarakat Mamberamo Raya Yang Maju dan Berbudaya.

Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Raya Yakobus Britay, saat membuka secara resmi kegiatan Pesta Budaya ke-2, Kamis (31/12/2020), mengungkapkan, terselenggaranya Pesta Budaya ini merupakan perwujudan dari pelestarian dan pengembangan budaya yang ada di daerah ini sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yakni Pembangunan Masyarakat Mamberamo Raya yang Aman, Sehat, Cerdas, Sejahtera dan Mandiri Dilandasi Iman dan Budaya.

“Ini adalah ivent budaya yang telah terselenggara selama 2 (dua) kali, yang dalam pelaksanaannya menampilkan kreativitas serta inovasi para pecinta seni dan budaya masyarakat Mamberamo Raya,” ungkapnya.

Wabup menjelaskan Pesta Budaya ini menjadi milik masyarakat dan berdampak positif bagi kemajuan daerah dalam mewujudkan peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan investasi pariwisata di Kabupaten Mamberamo Raya.

“Tidak berhenti sampai disini, pesta budaya ini harus terus diadakan, ditingkatkan dan dimajukan agar budaya dan kesenian yang ada di kabupaten Mamberamo Raya dapat sejajar dengan daerah lain baik di Papua maupun Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai roh dari setiap perilaku kehidupan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Mamberamo Raya kapan dan dimanapun berada.

“Mari kita jaga dan lestarikan nilai-nilai luhur yang sudah ada secara turun temurun mulai dari air menetes hingga ombak pica, dari apawer sampai nadofai,” ujarnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamberamo Raya Jakson Wona mengatakan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan sesuai dengan anggaran DPA Tahun 2020.

“Kami bersyukur, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses berkat dukungan semua pihak baik dari pemerintah, stake holder, tokoh adat, tokoh agama, aparat keamanan dan seluruh masyarakat Mamberamo Raya,” katanya.

Jakson menambahkan kedepan Pesta Budaya ini statusnya akan ditingkatkan menjadi Festival Budaya Mamberamo Raya sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Dengan begitu budaya kita dapat terangkat termasuk potensi wisata yang ada di kabupaten ini dapat diketahui masyarakat luas juga dunia dan dapat dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: