Dewan Kesenian Tanah Papua Hadiri Pembentukan Dewan Kesenian Mamberamo Raya

Jakson Wona Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Mamberamo Raya (tengah), Frits Rumansara Dewan Kesenian Tanah Papua (Batik merah), diapit oleh Kepala Suku, Ondoafi dan Dewan Adat Mamberamo Raya/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 02/01

Burmeso – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamberamo Raya gelar kegiatan Diskusi Seniman dalam rangka pembentukan Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Mamberamo Raya, dan berlangsung di Burmeso, Rabu (30/12/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamberamo Raya Jakson Wona mengatakan dalam rangka pelaksanaan Pesta Budaya Ke 2 Mamberamo Raya yang dilaksanakan tanggal 31 Desember 2020, maka digelar Diskusi Seniman yang dihadiri oleh Kepala Suku, Ondoafi juga Tokoh Adat guna pembentukan Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Mamberamo Raya.

“Dengan kehadiran Dewan Kesenian Tanah Papua disini dan dalam rangka pelaksanaan Pesta Budaya ke-2 tahun 2020, maka kami menggelar Diskusi Seniman guna pembentukan suatu wadah sebagai wujud nyata untuk mengakomodir adat dan budaya yang ada di Kabupaten ini, ” katanya.

Dia menjelaskan pembentukan lembaga ini untuk mengangkat sejumlah potensi di Kabupaten Mamberamo Raya, sehingga menjadi kekuatan di masa mendatang yang akan memberi manfaat bagi masyarakat di daerah ini.

“Mamberamo Raya memiliki keanekaragaman budaya serta potensi alam yang sungguh luar biasa, jika dikelola dengan baik dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat juga pendapatan daerah,” jelasnya.

Sementara itu Frits Rumansara mewakili Dewan Kesenian Tanah Papua, mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat dalam pembentukan Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Mamberamo Raya.

“Pembentukan lembaga ini harus kita dukung karena dewan kesenian tanah papua adalah suatu identitas dan jati diri bagi orang asli Papua,” ujarnya.

Oleh karena itu perlu dikembangkan dan diwadahi oleh suatu organisasi kemasyarakatan yang independen tidak berafiliasi dengan Partai Politik atau golongan apapun independen dan murni untuk berprofesi menggali membina dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Tanah Papua.

“Kami harapkan pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya dalam hal ini bupati lebih khusus kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk mendukung upaya pembentukan badan pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Mamberamo Raya sehingga dapat mewadahi seluruh potensi kesenian yang ada di sini sebagai identitas dan jati diri masyarakat Kabupaten Mamberamo Raya,” tegasnya.

Sebagai suatu wadah pelestarian budaya juga kesenian di Kabupaten Mamberamo Raya, Semtasti Kepala Suku juga Barnabas Tawab Dewan Adat Mamberamo Raya menyambut baik adanya pembentukan lembaga ini.

“Kami sangat berterimakasih melalui diakusi seniman ini telah menghasilkan suatu wadah dalam pelestarian budaya dan kesenian yang merupakan potensi daerah ini,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: