Pertamina Lakukan Pendampingan di Rumah Pintar Toisapu

Pertamina Lakukan Pendampingan di Rumah Pintar Toisapu/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 07/11

AMBON – Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura Ambon melakukan pendampingan pada Paparisa Pintar (Rumah Pintar) Toisapu di Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Provinsi Maluku.

Pendampingan rumah pintar merupakan upaya PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua dalam tanggung jawab sosial perusahaan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Pjs. DPPU Pattimura Wayame, Markani menyebutkan Rumah Pintar Toisapu di Negeri Laha dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2017. Hanya saja penggunaan rumah pintar ini kurang optimal untuk kebutuhan masyarakat.

“Kami tetap mendukung apa yang dilakukan di rumah pintar dalam berbagai programnya, sambil terus melakukan pendampingan dalam operasional rumah pintar ini, agar penerapan kepada masyarakat lebih maksimal,” kata Markani, dalam rilis yang diterima tvpapua.com, Rabu (04/11).

Pendampingan Pertamina di Rumah Pintar Toisapu difokuskan pada penguatan kapasitas pengurus, sehingga dapat berjalan lebih baik kedepannya.

“Dalam pendampingan ini, Pertamina juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Dinas Kearsipan dan Perpusatakan Provinsi Maluku, salah satunya mengajarkan sejak dini kepada siswa PAUD untuk sadar lingkungan,” ujarnya.

Dukungan pendampingan kepada rumah pintar sebelumnya dilakukan DPPU Pattimura di Negeri Hattu, Kecamatan Leihitu Barat (Leihibar), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang disinergikan dengan program bank sampah di daerah itu.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Edi Mangun menyebutkan program SCR Pertamina lebih difokuskan pada literasi pendidikan. Ini dikarenakan pendidikan merupakan salah faktor penting dan menjadi kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

“Literasi pendidikan menjadi indikator penting dalam pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang sudah menjadi program utama pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Rudi Mewal mewakili Kepala Pemerintahan Negeri Laha menuturkan apa yang telah dilakukan pada Rumah Pintar Toisapu merupakan salah satu visi dari Pemerintah Negeri Laha, agar daerahnya maju dalam segi pendidikan.

“Kami berharap dengan rumah pintar ini dapat mencetak generasi muda yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Terima kasih kepada Pertamina melalui program CSR dengan memberikan bantuan dan dukungan dalam pengembangan di rumah pintar,” katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku, Katerina Cortafina Huwae menuturkan dengan rumah pintar di Laha, masyarakat setempat dapat memamfaatkan keberadaan rumah pintar.

“Jangan hanya ada sebuah gedung di dalamnya ada buku-buku, lalu pemamfaatanya tidak dilakukan secara optimal. Rumah pintar ini jangan dianggap untuk anak-anak saja, tetapi masyarakat secara umum dapat memanfaatkan rumah ini dengan baik,” tambahnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: