Pemprov Papua Raih Penghargaan TPID Terbaik 2020

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Syaiful (kiri) bersama Penjabat Sekda Papua Doren Wakerwa (kanan), saat menerima penghargaan provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 28/10

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meraih pernghargaan sebagai provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020 untuk kawasan se-Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, sekaligus menerima piagam penghargaan dari BPK RI atas keberhasilan meraih Opini Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Syaiful kepada wartawan, di Jayapura, Selasa kemarin mengatakan selain Pemprov Papua, penghargaan yang sama juga diraih Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Asmat, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, kabupaten Mimika dan Kabupaten Kepulauan Yapen karena berhasil meraih WTP lima kali berturut-turut.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di Provinsi Papua, diharapkan sinergi antara Kementrian Keuangan dengan Pemda terus ditingkatkan,” katanya.

Ia menerangkan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD tahun 2019, terdapat 17 Kabupaten/kota yang berhasil meraih WTP terbaik dalam audit laporan keuangan Pemda.

“60 persen Pemda di Provinsi Papua dari 29 kabupaten/kota termasuk Provinsi memperoleh WTP,” terangnya.

Dijelaskan, hasil yang diraih ini jika dibandingkan LKPD tahun 2018, mengalami peningkatan kualitas yang signifikan sebesar 23,3 persen.

“Dari Kementerian keuangan akan menyiapkan tenaga keuangan untuk mendampingi dan membantu kepala daerah dalam mengelola keuangan termasuk semua hal terkait dengan tata kelola yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Papua Doren Wakerwa usai menerima penghargaan, menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan atas penghargaan yang diberikan bagi tujuh kabupaten/kota dan Provinsi Papua.

“Kami sampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Kementrian Keuangan, semoga kedepan kerjasama ini terus ditingkatkan untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: