Gubernur Papua Akan Meresmikan Seluruh Venue PON Oktober Mendatang

Gubernur Papua, Lukas Enembe/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 17/09

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe rencananya akan meresmikan seluruh pembangunan venue PON XX 2021 pada Oktober mendatang di Stadion Papua Bangkit.

Gubernur Papua mengatakan, pada peresmian tersebut akan dilakukan penggantian nama Stadion Papua Bangkit, Bandar Udara Sentani juga akan diumumkan data Orang Asli Papua berjumlah 2.300 jiwa.

“Nanti tanggal 20 Oktober 2020 ada peresmian semua venue di Papua, sekaligus pemberian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe, Bandar Udara Sentani menjadi Bandar Udara Theys Eluay, semua itu sudah dikoordinasikan dengan Kabupaten Jayapura. Dan akan dilakukan pengumuman data OAP berdasarkan by name, by addres, NIK,” katanya.

Membenarkan hal tersebut, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua (Disorda) Papua Alexander Kapisa menjelaskan pemberian nama tersebut setelah sebelumnya dilakukan rapat bersama Gubernur beserta seluruh OPD, dan telah disepakati bersama.

“Ditetapkannya Lukas Enembe sebagai nama stadion merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan atas keberhasilan beliau hingga akhirnya Provinsi Papua bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX 2021,” jelasnya.

Alexander menyakini, sebelum tanggal 20 Oktober, proses perubahan nama Stadion Papua Bangkit sudah pasti rampung.

“Saat ini Pemprov Papua tinggal menunggu legal opini dari sisi regulasi terkait pengusulan pergantian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe, lewat Peraturan Daerah (Perda),” ujarnya.

“Regulasi ini sudah diusulkan ke Mendagri, sehingga apabila nomor registernya terbit, maka perubahan nama stadion sudah dapat diproses,” sambungnya.

Mengapa dipiilih tanggal 20 Oktober 2020 peresmiannya, sebab semula ditetapkan sebagai hari pembukaan PON XX 2020.

“Dengan ditundanya PON ke 2021, maka moment tahun ini akan kita gunakan untuk meresmikan perubahan nama Stadion Papua Bangkit, serta semua venue yang sudah selesai 100 persen pengerjaannya,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: