BI Papua Perkenalkan Agustinus Rumere, Anak Papua Yang Tampil di Pecahan Rp 75 Ribu

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga (kiri) saat memperkenalkan Agustinus Rumere (kanan) bocah asal Papua yang tampil di uang pecahan Rp. 75.000/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 26/08

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua memperkenalkan sosok Agustinus Rumere, bocah Asal Papua yang wajahnya tampil di uang pecahan Rp.75.000.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan Agustinus Rumere adalah satu dari sembilan anak yang wajahnya tampil di uang baru pecahan Rp. 75 ribu yang dikeluarkan pada saat peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75.

“Kami perkenalkan Agustinus Rumere, anak Papua yang wajahnya tampil di pecahan Rp. 75. 000, edisi khusus kemerdekaan RI ke-75,” katanya.

Menurut Naek, awalnya pihak BI Papua sama sekali tidak mengetahui jika gambar bocah Papua Agustinus Rumere yang mengikuti sesi pemotretan menggunakan pakaian adat pada tahun 2019 lalu akan ditampilkan di uang 75 ribu.

“Terus terang kami tidak mengetahui soal itu, justru kami mengetahuinya setelah uang itu dicetak,” ujarnya.

Dijelaskan tujuan utama dari Bank Indonesia mengangkat gambar anak-anak berpakaian adat yakni untuk memperteguh Kebhinekaan melalui pakaian adat yang digunakan.

“Pakaian adat ini belum pernah digunakan di desain uang rupiah. Tampilan anak-anak dengan pakaian adat menggambarkan anak-anak Indonesia sebagai sumber daya unggul, generasi penerus Indonesia maju sesuai slogan”Menyongsong Masa Depan Yang Gemilang,” jelasnya.

Sementara itu Fitriyani Seseray, Ibu dari Agustinus menceritakan saat itu di tempatnya bekerja di Kantor Bank Indonesia Papua sedang mencari anak laki-laki untuk di foto dengan menggunakan pakaian adat Papua, untuk itu Ia mendatangkan anaknya mengikuti sesi pemotretan.

“Waktu itu Agustinus sedang sakit tapi dia tetap mau ikut berfoto dengan baju adat Papua, saya mengira foto itu akan dikutkan pada suatu lomba, harapan saya saat itu hasil foto Agustinus akan keluar sebagai juara,” kata Ibu dari dua anak di Jayapura,Selasa 25 Agustus 2020.

Lebih lanjut Fitri mengungkapkan selama menunggu 1 tahun lamanya, tidak ada kabar mengenai foto tersebut, sehingga Ia mengira anaknya tidak menang dalam perlombaan.

“Saya kaget ketika diberi tahu oleh teman kantor saya, kalau gambar Agustinus ada di deretan anak yang ada di uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, rasanya tidak percaya sampai saya panggil Agus dan perhatikan baik-baik dia dan gambar yang ada di uang tersebut, kamipun langsung menangis,” ucap Fitri dengan mata yang berkaca-kaca.

Agustinus Rumere anak yang dilahirkan pada tanggal 8 September tahun 2010 di Jayapura, telah membuat orang tuanya bangga.

“Kami tidak menyangka foto 1 tahun lalu ada di UPK 75 tahun RI. Kami sangat bangga selaku orangtua”, ungkap Fitri.

Agustinus yang merupakan siswa kelas 4 di SD Inpres 3 Jayapura menyatakan merasa bangga bisa menjadi salah satu icon di UPK 75 Tahun RI.

“Teman -teman semua kaget saya ada di dalam uang itu, dong semua tra percaya,tapi pas saya kasih lihat dong percaya,” ungkap Agustinus yang bercita -cita menjadi Pilot. (QB)

%d blogger menyukai ini: