Di Papua Upacara HUT RI Ke-75 Dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur

Upacara HUT RI ke-75, di halaman Kantor Gubernur Papua/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 17/08

JAYAPURA – Peringatan HUT RI ke 75 untuk tingkat Provinsi Papua tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar di stadion Mandala, tahun ini digelar Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (17/08) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut diikuti Forkopimda, perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemprov Papua serta perwakilan Anggota TNI/Polri.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dan selaku komandan upacara dipimpin oleh Letkol Marinir Rian Malfi.

Bertugas sebagai penggerek bendera merah putih, Barnabas serarawani lulusan SMA Negeri 5 Jayapura, Melani Baransano sebagai pembawa bendera lulusan SMA Negeri 2 Jayapura dan Andreas Karubaba sebagai pembentang lulusan SMA Negeri 5 Jayapura.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal sebagai Inspektur Upacara mengatakan HUT RI kali ini berbeda seperti sebelumnya,  tahun ini dirayakan di masa pandemi Covid-19.

“Memang pelaksanaannya berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang rutin dilakukan di lapangan mandala Jayapura, akan tetapi tidak mengurangi suka cita kita dalam melaksanakan upacara HUT RI ke-75, karena kita di Indonesia bagian timur yang lakukan upacara paling pertama dari Daerah lain dan kita wajib menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan pakai masker,” katanya.

Dijelaskan Wagub pelaksanaan HUT RI tahun ini secara kuantitas berubah, karena biasanya saat penyelenggaraan diikuti orang dalam jumlah banyak dan dilakukan di stadion Mandala.

“Secara kualitas tidak berubah, meski dilaksanakan secara sederhana tetap semua mengikuti dengan sepenuh hati dan dengan penuh rasa tanggung jawab, kita harus bangga karena kita lebih dulu melaksanakan upacara, sehingga Papua dapat memberikan contoh bagi daerah lain,” jelasnya.

Ia berharap ini jadi penilaian yang baik bukan hanya bagi Indonesia tetapi juga masyarakat di Papua baik yang ada di lembah, gunung dan laut, turut bergembira dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan pesimis kedepan kita akan lebih baik, Papua akan semakin baik,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: