Jumlah kasus Covid-19 meningkat, Pemprov Dukung Freeport Ditutup Sementara

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 12/05

JAYAPURA – Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia, Pemprov Papua dukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Mimika untuk menutup sementara areal pertambangan PT Freeport.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan penutupan bersifat sementara areal pertambangan tersebut cukup tepat mengingat sudah ada 69 kasus covid-19 di perusahaan tambang tersebut.

“Kami mendukung Pemkab Mimika untuk meminta kepada Presiden soal penutupan sementara operasi pertambangan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran lebih luas lagi di Kabupaten Mimika,” kata Klemen, Senin, 11 Mei 2020.

Wagub juga meminta kepada PT Freeport untuk menjalankan protokol kesehatan di areal pertambangan.

“Saya meminta seluruh karyawan PT Freeport tidak keluar dari areal pertambangan sampai pemeriksaan selesai dan dinyatakan bebas dari Covid-19. Dan peralatan yang ada harus benar-benar digunakan untuk pemeriksaan secara keseluruhan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng menjelaskan dalam waktu dekat pihaknya akan menyurat ke Presiden RI Joko Widodo soal penutupan sementara di areal PT Freeport Indonesia.

“Kami akan menyurat ke presiden dan semua termasuk Menteri terkait bahwa kami akan minta Freeport untuk berhenti sementara,” kata Eltinus.

Eltinus Omaleng mengatakan , surat yang nantinya akan dikirim kepada Presiden merupakan kesepakatan dari eksekutif juga legislatif di Kabupaten Mimika.

Lanjutnya penutupan bersifat sementara ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona di wilayah tersebut, mengingat banyaknya pekerja di Tembagapura yang beresiko terpapar karena aktifitas yang terus berjalan.

“Kalau mau kasih putus rantai penyebaran virus corona, Freeport berhenti sementara, tidak ada aktifitas selama 14 hari atau satu bulan, ini menyangkut nyawa manusia jadi kami minta arahan dari Presiden,” ujarnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: