Pengurus Dewan Kesenian Boven Digoel Resmi Dilantik

Wakil Bupati Boven Digoel Chaerul Anwar saat melantik Pengurus Dewan Kesenian kabupaten Boven Digoel/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 01/20

Tanah Merah – Pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Boven Digoel Periode 2019-2024 Resmi Dilantik, Senin (30/12) malam. Bertempat di Aula Kantor Bupati Boven Digoel.

Wakil Bupati Boven Digoel Chaerul Anwar dalam membacakan sambutan Bupati menyampaikan dengan dilantiknya Pengurus Dewan Kesenian yang baru ini dapat mengorganisir berbagai kelompok seni budaya Papua yang ada serta mampu melaksanakan peran dan fungsinya dalam menggali, membina, mengembangkan serta melindungi seni budaya Papua, khususnya di Kabupaten Boven Digoel.

“Kehadiran Dewan Kesenian Tanah Papua disini memiliki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan dan pengembangan pembangunan nilai-nilai sosial budaya yang menjadi kebanggaan dan jati diri masyarakat di Kabupaten Boven Digoel,” katanya.

Anwar mengatakan, sesuai Amanat Undang-undang no 21 Tahun 2001 tentang Otonomi khusus dengan demikian dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk melakukan pembinaan dan pengembangan seni budaya sesuai dengan kearifan lokal demi meningkatkan harkat dan martabat serta identitas orang Papua di dalam bingkai NKRI.

“Kita perlu sadari di era globalisasi kita dihadapkan dengan tantangan kemajuan teknologi dengan masuknya nilai-nilai baru, oleh karena itu dengan kehadiran dewan pengurus yang baru dilantik ini diharapkan dapat menghadapi tantangan itu,” ujarnya.

Wakil Bupati menambahkan, seni budaya hakekatnya salah sesuatu yang diciptakan manusia dalam suatu kelompok tertentu dan memiliki unsur keindahan ( estetika) turun-temurun dari generasi ke generasi, sehingga seni dan budaya adalah dua adalah dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dapat dipisahkan.

“Setiap etnis di Indonesia harus memperhatikan harkat dan martabat sebagai jati diri, maka kita bertanggung jawab memikul beban ini untuk masa yang akan datang demi mempertahankan harkat dan martabat masyarakat Boven Digoel,” katanya.

Ketua Pengurus Dewan Kesenian Provinsi Papua Nomensen Mambraku dalam sambutannya menegaskan agar pengurus yang baru dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dapat menjalankan dengan sungguh-sungguh, dengan selalu memperhatikan dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Boven Digoel bagi generasi yang akan datang.

“Seluruh etnis di Indonesia harus memperhatikan harkat dan martabat sebagai jati dirinya, sehingga kita bertanggung jawab memikul beban untuk melanjutkan cerita bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Dewan Kesenian Boven Digoel Yohanes Eremsan menyampaikan terimakasih kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan ini, hingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Kami dari seniman memberikan ucapan dan penghargaan setinggi-tingginya bagi pemerintah terutama bagi Bupati Boven Digoel,” katanya.

Yohanes menambahkan, pihaknya akan bekerja untuk mengkoordir para seniman guna terus melestarikan seni dan budaya yang ada di Boven Digoel agar dapat dikenal di mancanegara. (QB)

%d blogger menyukai ini: