BI Papua Sedia Uang Tunai Rp 4,2 Triliun Untuk Kebutuhan Natal & Tahun Baru

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga, saat memberikan keterangan kepada media/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura 06/12

JAYAPURA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dalam menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, telah menyiapkan uang tunai (kartal) sebanyak 4,2 triliun guna mengantisipasi penarikan dan penukaran uang pecahan kecil.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga, usai melakukan pertemuan tahunan Bank Indonesia, Kamis (05/12) saat ditemui mengatakan Bank Indonesia Siap memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru nanti.

Hal itu dilakukan setelah melakukan evaluasi dan pendekatan kebutuhan uang Kartal, dimana Untuk persediaan di Bank Indonesia saat ini mencapai 7,7 triliun.

“Dari persediaan uang yang dimiliki Bank Indonesia, 4,2 triliun disiapkan untuk kebutuhan masyarakat, diperkirakan dari nilai tersebut jumlah yang akan terpakai sebanyak 3,8 triliun,” katanya.

Naek juga menjelaskan, untuk kebutuhan uang setiap tahunnya terjadi kenaikan sebesar 10 persen, hal itu disebabkan aktivitas masyarakat yang meningkat.

“Uang tunai mengalami kenaikan 10 persen, karena kegiatan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru meningkat,” ujarnya.

Bank Indonesia Juga melakukan penukaran uang tunai (Kartal) melalui mobil kas keliling di beberapa titik antara lain Pusat Perbelanjaan, Pasar dan Kantor Pemerintahan yang ada di Jayapura. (QB)

%d blogger menyukai ini: