Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Presiden Jokowi di dampingi Ibu Iriani bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Papua, Lukas Enembe, dan Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, bersama-sama meresmikan Jembatan Yooutefa/ MD

tvpapua.com, Jayapura, 29/10

Jayapura – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Youtefa. Jembatan yang menelan biaya 1,8 Trilun tersebut diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

“Jembatan Youtefa hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan, kepadatan penduduk di Kota Jayapua, sehingga kawasan Kota Jayapura dapat dikembangan ke arah perbatasan Skouw, dan mempersingkat jarak tempuh Kota Jayapura menuju Muara Tami,” kata Presiden Joko Widodo, Senin (28/10).

Jokowi menyebut, jembatan Youtefa telah menjadi icon baru di Jayapura, ia juga berharap pemerintah dan masyarakat Jayapura menjaga jembatan tersebut agar menjadi salah wisata bahari.

“Jembatan ini, dipercantik dengan lampu dan taman, karena sekarang jembatan Youtefa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Papua, maka manfaatkan dengan baik untuk mengembangkan wisata bahari yang ada diteluk Youtefa,” ujar Presiden.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua tersebut menjadi salah satu bukti komitmen Presiden Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian Timur. Jembatan ini merupakan salah satu bukti bahwa Presiden tidak setengah hati untuk membangun Papua.

Presiden Jokowi juga mengatakan, dengan diresmikannya jembatan tersebut, maka waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan lebih cepat dari semula sekitar 1,5 hingga 2 jam menjadi sekitar 30 – 45 menit.

“Selain meningkatkan konektivitas, Jembatan Holtekamp juga akan mendorong pengembangan Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah kawasan Skouw.” kata Jokowi

Sementara dari Kementrian PUPR menyebut pembangunan dan pemasangan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter, konstruksi jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 600 meter dan jalan akses Jembatan Holtekamp sepanjang 9.950 meter. Sementara Pemerintah Kota Jayapura telah menyelesaikan pembangunan jalan pendekat sisi Hamadi sepanjang 320 meter. Pembangunannya dikerjakan konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya dan PT Nindya Karya dengan total anggaran Rp 1,8 Triliun.

Pengembangan selanjutnya dari kawasan sekitar Jembatan Youtefa adalah untuk wisata air karena didukung dengan pemandangan teluk dan perbukitan. Jembatan Youtefa juga akan memperpendek jarak dan waktu tempuh menuju kawasan Koya sebagai venue beberapa cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Rencananya juga Teluk Youtefa ini akan menjadi venue pertandingan dayung PON 2020 Papua. (MD)

%d blogger menyukai ini: