Diduga Korsleting Listrik, Ratusan Rumah dan Kios di Asmat Terbakar

Ratusan rumah dan kios di Agats, Kabupaten Asmat, hangus terbakar/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 17/09

Kab. ASMAT – Ratusan rumah dan kios di Kota Agats, Kabupaten Asmat hangus terbakar, Selasa (17/09) dini hari sekitar pukul 02.30 WIT. Sekitar 400 warga kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran ini.

Kapolres Asmat, AKBP Andi Yoseph Enoch saat dihubungi dari Jayapura, Selasa siang membenarkan peristiwa itu. Dirinya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

“Kebakaran terjadi pukul 02.30 WIT dan api baru bisa padam pukul 07.00 WIT. Dari data awal sekitar 110 rumah dan kios yang terbakar,” kata Andi.

Berdasarkan penyelidikan sementara, Andi menyebut, api diduga berasal dari hubungan arus pendek salah satu rumah warga. Meski demikian, pihak kepolisian masih mendalami dengan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Diduga arus pendek dari rumah warga, namun masih kami dalami lagi,” ujarnya.

Kapolres, menegaskan, pihak kepolisian setempat masih melakukan pendataan warga yang kehilangan tempat tinggal. Di perkirakan jumlah warga terdampak kebakaran lebih dari 400 jiwa.

“Kami masih mendata, kalau dari perhitungan kasar, rumah yang terbakar juga digunakan untuk kios atau tempat usaha. Setiap rumah paling tidak dihuni oleh 4 jiwa,” katanya.

Ia menambahkan, banyak warga yang telah mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak terbakar. Sementara sebagian lagi telah ditampung oleh pihak Dinas Sosial Kabupaten Asmat.

“Ada yang ditampung pihak Dinas Sosial Asmat, ada juga yang tinggal di rumah kerabanya,” ujar Andi. (MD)

%d blogger menyukai ini: