Bupati Minta Mahasiswa Asmat Tuntaskan Perkuliahan

Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos / Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 14/09

JAYAPURA – Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos, menghimbau seluruh mahasiswa Papua yang berasal dari daerahnya untuk tidak terprovokasi dengan isu exsodus mahasiswa dari seluruh Pulau Jawa, Makassar, Sumatera dan Manado.

Hal tersebut dimaksud guna mencermati perkembangan situasi yang terjadi di Papua, pasca perlakuan rasial dan persekusi terhadap mahasiswa Papua di Kota Surabaya, pada 16 Agustus lalu.

Bupati Asmat, meminta kepada seluruh mahasiswa asal Asmat yang studi di luar daerah Papua agar tetap melanjutkan perkuliahaannya hingga selesai.

“Tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa yang pulang ke Papua untuk ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua. Sebab hal itu mengganggu perkuliahan selanjutnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima tvpapua.com, Sabtu (14/09).

Bupati Kambu menyatakan, pihaknya tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa asal Asmat yang pulang maupun kembali ke kota studi masing-masing. Namun pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Asmat yang studi di seluruh wilayah Indonesia.

“Apabila terjadi hal-hal yang mengintimidasi mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Asmat dalam proses perkuliahan selanjutnya, maupun aktivitas lainnya agar segera melaporkan kepada kami atau pihak yang berwajib setempat,” katanya. (PT)

%d blogger menyukai ini: