Idul Adha Moment Membangun Solidaritas Sesama Manusia

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 11/08

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H/ 2019 M di halaman kantor Gubernur Dok II Jayapura, berjalan aman dan lancar, dihadiri ratusan umat muslim yang ada di kota Jayapura dan sekitarnya, Minggu (11/08).

Perayaan Idul Adha kali ini mengusung tema “Merajut kasih, Menguatkan Toleransi dan Moderasi Beragama”. Shalat Idul Adha dipimpin Imam Ustadz Drs. H. Abdul Kadir, Lc dan Khatib Ustadz DR. H. Idrus AL Hamid, S.Ag., M.Si

Menurut Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, DR. H. Idrus AL Hamid, S.Ag., M.Si pengorbanan Nabi Ibrahim AS dalam sejarah umat manusia mempunyai makna dan peran besar bagi peradaban manusia.

“Idul Adha adalah makna dari sebuah perjalanan historis Nabi Ibrahim SA yang di Agama Kristen adalah Nabi Abraham, yang dalam perjalanan itu melahirkan pola-pola hubungan sosial yang terjadi jika dikemas dalam sebuah pengorbanan,  bukan melegitimasi orang bahwa yang yang berhak menerima hanya kelompok A dan B tetapi kurban ini adalah bagian dari bentuk solidaritas sesama manusia,” katanya.

Ia berharap melalui moment Idul Adha ini seluruh umat dapat memahami bahwa agama itu adalah jati diri setiap manusia dan budaya adalah harga diri.

” Yang diharapkan dari perayaan ini bagaimana kita merangkai kembali solidaritas sesama manusia yang ada di bumi Papua  tanpa ada sekat dengan kelompok etnis tertentu, ketika kita berada disini maka kita harus menyesuaikan dengan budaya lokal karena budaya adalah harga diri dan agama adalah jati diri,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Papua, Drs.Alwi Tianlean, MM., mengatakan untuk Idul Adha ini jumlah total hewan qurban di Kabupaten/ Kota di Papua sebanyak 1.888 ekor sapi dan 453 ekor kambing.

“1.888 ekor sapi dan 453 ekor kambing bersumber dari Kabupaten/ Kota di Papua, untuk Pemprov Papua bantuan yang diterima dari Gubernur Papua sebanyak 21 ekor sapi yang dibagikan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Merauke, Nabire, Tolikara dan Jayawijaya,” katanya.

Alwi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua atas kepedulian terhadap umat Muslim yang ada diatas tanah Papua.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Papua yang dalam kepemimpinannya selalu membantu memberikan bantuan hewan qurban setiap tahunnya, sebagai bentuk kasih sayang dan kepedulian terhadap umat Muslim di Kabupaten/ Kota di Papua,” ujarnya.

Secara keseluruhan untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha di Kota Jayapura dan sekitarnya berjalan dengan aman dan lancar berkat pengamanan dari Petugas Kepolisian Resor Jayapura Kota dan jajarannya.

“Untuk pengamanan kami menurunkan sebanyak 303 personil dari Polres Jayapura Kota dan jajaran yang terbagi di 50 titik tempat pelaksanaan sholat Idul Adha, baik itu di lapangan, Masjid dan diutamakan di daerah protokol, selain itu ada tim patroli untuk wilayah yang tidak terjangkau, ” kata Iptu Jahya Rumra, Paur Humas Polres Jayapura Kota.

Pelaksanaan pengamanan ini juga dilakukan di tempat-tempat wisata yang ada di Kota Jayapura seperti pantai Base G, Hamadi, Holtekam, Jembatan merah dan pusat perbelanjaan. (QB)

%d blogger menyukai ini: