Hari Ini, Gubernur Papua Lantik Piter Gusbager Jadi Wabup Keerom

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura (30/07)

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH dijadwalkan melantik dan mengambil sumpah Piter Gusbager, S. Hut, MUP menjadi Wabup Keerom Piter Gusbager S. Hut, MUP sisa masa jabatan 2016 – 2021 di Gedung Negara Provinsi Papua, Dok V Atas, Jayapura, Selasa (30/07) pukul 14.00 WIT.

Demikian diutarakan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Papua Israil Illolu, SE, MSi melalui Whats-App pada Senin (29/07).

Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 132.91/3910/OTDA Tanggal 23 Juli 2019 entang penyampaian keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 132.91-2826 tahun 2019 tanggal 22 Juli 2019 tentang pengangkatan Wabup Keerom, Provinsi Papua.

Piter Gusbager terpilih sebagai Cawabup Keerom pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Keerom itu, dimana dirinya memperoleh 15 suara dari 16 suara anggota DPRD Keerom pada tanggal 26 November 2018 lalu. Piter lahir pada tanggal 27 Juli 1978 di Manokwari, Papua Barat adalah anak dari Jek Gusbager.

Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berprofesi sebagai dosen dan warga masyarakat adat Keerom. Sosok Piter dinilai memiliki nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang baik untuk memimpin masyarakat adat di wilayah perbatasan.

Dimana sebagai Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Keerom, tanggal 1 Mei 2016 dirinya pernah menyelenggarakan kegiatan pembentangan bendera Merah-Putih raksasa ukuran 120 meter x 80 meter demi memperingati 53 tahun kembalinya Papua (dulu Irian Barat) ke pangkuan NKRI di wilayah tapal batas NKRI-Papua New Guinea (PNG).

Kegiatan pembentangan bendera Merah-Putih ini diadakan dalam rangka memupuk rasa nasionalisme Indonesia bagi masyarakat adat di wilayah tapal batas NKRI-PNG.

Selain itu dalam rangka mengajak para pemuda terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif dalam pembangunan daerah dan menghindari penyalahgunaan narkoba di wilayah perbatasan guna menjaga kedaulatan bangsa dan NKRI.

Karir politiknya sendiri lebih banyak aktif dan dilaluinya dalam kegiataan kepemudaan yang berasosiasi dengan Partai Golongan Karya. Sosok Piter bergabung dengan organisasi sayap pemuda Partai Golkar dan menjabat Plt. Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Intan Jaya.

Selama menjabat dirinya telah mengikuti beberapa kegiatan AMPG antara lain Jambore dan Diklat Siaga Karya tangal 16-23 Oktober 2016 di Cibubur, Jakarta. Selain itu juga mengikuti kegiatan Rapat Pimpinan Nasional II AMPG tanggal 26-27 Maret 2017 di Makassar.

Lulusan Melbourne

Sebagai Sebagai seorang ASN dan seorang akademisi yang selama lebih kurang lima belas tahun sejak tahun 2003 mengabdikan diri sebagai ASN dan didukung dengan latar belakang pendidikan Master of Urban Planning dari University of Melbourne, Australia, serta pengalaman-pengalaman lain. Baik dalam bidang professional maupun bidang organisasi.

Beraudiensi dengan Uskup Jayapura

Pada Senin (29/07) Piter Gusbager sebagai anggota Umat Allah Gereja Keuskupan Jayapura beraudiensi dengan Yang Mulia Uskup Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM di Kediaman Uskup Jayapura.
Piter melaporkan pada Selasa (30/7) pukul 14.00 WIT dirinya dilantik oleh Gubernur Papua menjadi Wakil Bupati Kabupaten Keerom di Gedung Negara Dok V Angkasa, Jayapura. (QB)

%d blogger menyukai ini: