DP3AKB Kabupaten Biak Numfor Canangkan 37 Kampung KB

Plt Kepala Dinas DP3AKB Kabupaten Biak Numfor, Lourens Patipeilohy, saat foto bersama dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pokja di Kampung KB Binyeri/Istimewa

tvpapua.com, Kab. Biak Numfor, 05/04

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Biak Numfor telah mencanangkan 37 Kampung KB yang tersebar di daerah daratan maupun kepulauan, Program ini dijalankan sesuai dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, yakni pada nawacita ke-3, ke-5 dan ke-8.

“Kampung KB di Kabupaten Biak Numfor, kita sudah canangkan di daratan ada 13 Kampung KB sedangkan di Kepulauan Aimando-Padaido ada 24 Kampung KB”, kata Plt Kepala Dinas DP3AKB Kabupaten Biak Numfor Lourens Patipeilohy di Biak, Selasa (02/04).

Dijelaskan bahwa pencanangan Kampung KB ini bertujuan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia serta ketahanan ekonomi untuk memberdayakan keluarga.

“Jadi program KB ini semuanya berbicara tentang yang berkaitan tentang keluarga, kalau keluarga itu sudah mantap berarti tujuan dari apa yang diharapkan yakni kesejahteraan itu akan dicapai”, ujar Lourens.

Program ini berjalan melalui Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Keluarga Berencana (DAK BOKB) dari pemerintah pusat yang di fokuskan untuk KB yaitu membuat program-program untuk bagaimana meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Lourens mengatakan bahwa, Kampung KB saat ini sudah terbentuk dan sudah diadakan berbagai sosialisasi terkait program KB, program pemberdayaan perempuan, program kampung ramah anak serta program-program lainnya yang berkaitan dengan keluarga.

“Kita sudah sosialisasikan dan sudah jalankan berbagai program untuk keluarga, supaya apa yang kita harapkan bisa tercapai, antusias masyarakat kampung juga sangat senang dan sangat mendukung program ini,” katanya.

Salah satu kampung KB binaan DP3AKB Kabupaten Biak Numfor yang mengalami perkembangan yang baik adalah kampung Binyeri Distrik Yendidori, sehingga kampung ini bisa terpilih sebagai perwakilan Kampung KB seprovinsi Papua.

Untuk itu Lourens berharap dengan adanya program Kampung KB ini, masyarakat bisa memanfaatkan potensi sumber daya yang ada serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar bisa meningkatkan ekonomi keluarga supaya mencapai keluarga yang bahagia, berkualitas dan sejahtera. (QB)

%d blogger menyukai ini: