Bupati Asmat: Pembangunan Puskemas Rujukan di Tiga Distrik Segera Rampung

Caption : Bupati Asmat Elisa Kambu, kunjungi Puskesmas rujukan di Distrik Sawaerma/ Istimewa

tvpapua.com, Kab. Asmat, 01/02

SWAT, Agats- Bupati Asmat Elisa Kambu menyampaikan pembangunan puskesmas rujukan Kampung Kamur Ibu Kota Distrik Pantai Kasuari, Kampung Basim Distrik Fayit dan Kampung Sauti Distrik Sawaerma di Kabupaten Asmat akan segera rampung, Kamis (31/01).

Tiga puskesmas yang tersebar di beberapa distrik berbeda itu dibangun dengan konstruksi beton, melalui anggaran DAK Afirmasi 2018.

Menurut Bupati Elisa Kambu, pembangunan puskemas rujukan di tiga distrik ini bertujuan untuk melayani warga. Elisa menjelaskan untuk sistem pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa didapatkan di puskesmas terdekat, apabila akan melanjutkan pemeriksaan kesehatan di RSUD Asmat maka warga harus mendapat rujukan dari puskesmas setempat.

“Karena puskesmas yang ada di distrik Pantai Kasuari, Fayit, Sawaerma akan dilengkapi dengan infastruktur memadai dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, baik dokter ahli, petugas medis serta perlengkapan obat-obatan, dan berbagai pelayanan lainya,” ujarnya.

Hadirnya puskesmas rujukan ini akan meringankan warga yang mengalami sakit ataupun lakukan pemeriksaan kesehatan. “Karena selama ini kebanyakan warga jauh-jauh dari distrik ke Agats Ibu Kota Kabupaten Asmat hanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut Elisa Kambu menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Asmat akan secara bertahap lakukan pembangunan puskesmas dengan konstruksi beton diseluruh distrik. Juga pembangunan fasilitas pendidikan disetiap distrik.

“Rumah rakyat juga akan dibangun dengan kontruksi beton sehingga bertahan lama dan kuat,” ujarnya

Alasan pembangunan sejumlah infastrukur dengan kontruksi beton di Kabupaten Asmat ini agar fasilitas umum tersebut dapat bertahan lama.

“Karena kalau pakai kayu,  bangunannya tidak bertahan lama,” katanya

Tujuannya dari kontruksi beton ini juga untuk mengurangi pengunaan kayu serta menjaga hutan Asmat agar tetap terjaga demi pelestarian hutan yang lebih baik. (QB)

%d blogger menyukai ini: