Masyarakat Biak Optimis JWW-HMS Bawa Perubahan untuk Papua

Caption : John Wempi Wetipo saat berfoto dengan Mama-mama di Biak, saat selesai Pertemuan Terbatas dan Pelantikan Tim Kampanye Papua Cerdas/ Istimewa

tvpapua.com, Biak-Papua, 27/03

Calon Gubernur Papua John Wempi Wetipo (JWW) mengatakan masyarakat Kabupaten Biak Numfor dan Papua pada umumnya sangat membutuhkan pemimpin yang cerdas. Hal itu disampaikan JWW saat melantik Tim Kampanye Papua Cerdas Kabupaten Biak Numfor di Tongkonan, Kabupaten Biak Numfor, Senin (26/03).

Dalam pelantikan itu JWW didampingi calon Wakil Gubernur Habel Melkias Suwae (HMS) bersama rombongan Koalisi Papua Cerdas dan pimpinan partai pengusung, yakni PDIP dan Gerindra.

JWW mengatakan, alasan Papua membutuhkan pemimpin yang cerdas karena untuk merubah kehidupan masyarakat agar lebih baik lagi. Ia menjelaskan, Papua memiliki dana otonomi khusus (Otsus) yang cukup besar, namun dana tersebut tidak terserap dengan baik.
“Seperti yang terjadi di Kabupaten Asmat, itu dana Otsus triliunan lari kemana? ” tanyanya.

Dana Otsus yang katanya untuk mengirim anak Papua bersekolah ke luar negeri juga tidak jelas, di mana anak-anak itu banyak mengalami drop out (DO) karena uang yang dialokasikan untuk pendidikan itu sudah habis.

“Kalau besok saya jadi Gubernur saya akan bebaskan biaya pendidikan. Apalagi di sini (Biak) ada sekitar tujuh perguruan tinggi, jadi biaya akan kami bebaskan,” ujarnya.

JWW dihadapan ratusan masyarakat Biak kemarin juga membeberkan bahwa apa yang ia peroleh, khususnya partai pengusung merupakan mukjizat Tuhan. Namun ia menyayangkan ada segelintir orang yang menyinyir dirinya agar masalah politik tidak membawa nama-nama Tuhan.
“Saya hanya mau kasih tahu bahwa kita bisa bernapas dan masih hidup itu karena Tuhan. Dan saya lolos dengan dua partai politik ini karena Tuhan mau memberikan keleluasaaan di atas tanah ini dan dibalik harapan mama-mama dan bapak-bapak Papua biar ada perubahan atas tanah ini,” katanya.

JWW berjanji ketika kelak menjadi orang nomor satu di Papua, ia akan membangun Biak dengan baik. Menurutya orang iak adalah orang pintar karena injil masuk Mansinam serta kemah injil masuk juga di Biak, sehingga generasi Biak diberkati oleh Tuhan.
“Sebenarnya orang Supiori, Biak, Waropen membangun perubahan dan saya bisa seperti ini karena waktu sekolah saya diajar oleh guru SMA fam Wakum. Ya, kalau dia ada pasti dia bilang tak sia-sia ajar saya,” ujarnya.

JWW juga mengatakan khusus OAP akan mendapatkan dapat dana Rp2 juta per bulan. Dana itu akan dianggarkan dari dana Otsus, di mana Rp 4 triliun untuk dibagikan kepada OAP.
” Nanti sistem pencairan melalui ATM, setiap bulan dikasih masuk ke rekening masing-masing,”katanya.

Kembali dikatakan JWW, Papua ini butuh pemimpin yang memiliki otak sedikit gila, dalam arti gila berinovasi. Ia mengakui keberadaannya dalam bursa Pilgub Papua cukup banyak ujian karena ada pihak-pihak yang ingin menjegalnya agar gugur dalam pencalonan.
“Dorang berbagai cara ingin menggagalkan saya untuk kotak kosong, mulai dari pansus jegal saya, bawa ke MRP dan sekarang bawa PTUN agar saya berhenti. Tapi saya tetap tidak akan berhenti berjuang, walaupun mereka ada saya seperti cacing kepanasan,” katanya disambut tawa.

Sementara HMS mengatakan ada sembilan program yang menjadi ikon Papua Cerdas yang dibesut JWW-HMS. Pertama adalah Papua Cerdas, kemudian yang kedua Papua Sehat, Papua pendapatan pasti, Papua infrastruktur, Papua mekar (pemekaran),Papua damai, Papua good and governance, perlindungan orang asli Papua dan pemberdayaan pemerintahan.
“Kami tidak ingin berbicara banyak, biarlah Tuhan mengatur semuanya,” ujar HMS.

Di tempat yang sama Ketua Tim Pemenangan JWW-HMS Kabupaten Biak William G Angel mengatakan pihaknya akan memenangkan JWW-HMS mulai lembah, kampung, dusun kecil hingga ke pesisir pantai tanah Papua.

“Melihat bahwa JWW berasal dari gunung. Habel dari pantai dan lengkaplah sudah sosok pemersatu Papua, dan kami yakin pasangan Josua bisa membawa Papua lebih baik,” kata William. [Qb]

%d blogger menyukai ini: