Blusukan ke Pasar Hamadi, HMS Terkagum Anak Papua yang jadi Pedagang

Caption : HMS saat sedang berjabat tangan dengan John pedagang anak Papua di pasar Hamadi/La

tvpapua.com, Jayapura, 27/03

Calon Wakil Gubernur Papua nomor urut 2, Habel Melkias Suwae (HMS) melaksanakan blusukan ke pasar guna menjaring aspirasi masyarakat, Jumat (23/03).

Kali ini, HMS memilih Pasar Central dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, Kota Jayapura, Distrik Jayapura Selatan, sebagai lokasi blusukannya bersama tim sukses.

Dalam kesempatan itu, HMS berjalan dengan santai mengelilingi pasar dan menyapa satu-persatu para pedagang yang ada.

HMS sempat terkagum kala melihat
seorang pemuda asli Papua yang berjualan di pasar tersebut. Pemuda itu menjual sayur dan bumbu dapur.

Dari bincang-bincang HMS dan pemuda itu, diketahui ia bernama John dan berasal dari Waropen.Kepada HMS, John mengaku belajar berjualan dari seorang temannya, sebelum memutuskan untuk berjualan sendiri.

“Lama saya ikut teman saya berjualan, dan setelah itu saya niatkan untuk berjualan sendiri,”kata John.

John menabung hasil jualannya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Ya sedikit banyak ada lah untuk ditabung, dan bisa untuk keluarga,”ujarnya.

John berharap HMS yang menjadi salah satu harapannya memimpin Papua, dapat merubah Papua ke arah lebih baik, khususnya memperhatikan nasib para pedagang pasar.

“Ya kalau bisa beliau memperhatikan kami, meski kami berupaya untuk mandiri, tapi kalau ada perhatian pemerintah kan lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, HMS menilai keberadaan John bisa menjadi inspirasi positif bagi anak-anak Papua lainnya. Pasalnya, diakui HMS bahwa sangat jarang anak muda Papua yang menekuni sebagai pedagang di pasar.

“Saya salut dengan anak muda ini (John), dia tanpa malu dan canggung berjualan di pasar. Dan saya pikir ini bisa menjadi inspirasi bagi anak Papua yang lain,” ujarnya.

Anak muda Papua tidak perlu bergantung kepada pemerintah. Kendati demikian, sambung HMS, ia tetap memperhatikan nasib para pedagang.

“Intinya ada pada niat dan kemauan. Memag ada juga bantuan yang sudah diberikan, namun kalau niat dan kemauannya kurang, maka tidak akan jadi pedagang yang sukses. Sehingga saya pokir kita nanti selain bantuan modal mungkin, juga pemberian pendampingan perlu,”katanya.

Selanjutnya blusukan HMS di Pasar Sentr dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi diwarnai dengan permintaan sejumlah pedagang untuk berfoto bersama dengan HMS. [Qb]

%d blogger menyukai ini: