Bangga, 42 Mahasiswa Papua Kembali Dari Ekspedisi NKRI

 

Foto : Kontri

tvpapua.com, Jayapura, 13/11

Bangga. Itulah kata yang tepat diutarakan oleh Daniel, salah satu dari 42 putra daerah asal Papua yang tergabung dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) yang telah kembali dari Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan selama empat bulan.

“Dengan segala keterbatasan, namun dengan tekad dan semangat yang besar untuk mengikuti kegiatan ini, banyak hal yang dapat kami ambil dan menjadi pelajaran bagi kami, selain dapat mengaplikasikan keahlian kami sesuai dengan bidang masing-masing kepada masyarakat dan lingkungannya,” ungkap Daniel kepada wartawan.

Dalam kurun waktu tersebut, Daniel bersama 40-an rekannya dari Papua dan berbagai elemen bangsa yang berjumlah kurang lebih 1.197 orang dari nusantara dengan latar berlakang mulai dari TNI, Polri, peneliti, akademisi, mahasiswa, organisasi pemuda dan masyarakat ikut ambil bagian dalam eksepidisi yang tercatat merupakan edisi ketujuh dari keseluruhan ekpedisi di Indonesia.

Ekspedisi tersebut secara resmi dibuka oleh Menko PMK Puan Maharani, dimana konsentrasi kegiatan dilakukan di Kabupaten Asmat, Kabupaten Mapi, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Boven Digoel yang dibagi menjadi dua bagian yaitu di Mindiptana dan Tanah Merah.

Tentunya, pengalaman yang didapatkan oleh Daniel selama ikuti Ekspedisi NKRI merupakan suatu prestasi yang membanggakan karena, dia sebagai generasi muda Papua ikut andil dalam membangun kemajuan Provinsi Papua dalam event tingkat nasional, yang telah berakhir pada Selasa (07/11).

Daniel dan para peserta lainya pun mengakui, bahwa banyak pengalaman hidup yang bisa mereka dapatkan dalam kegiatan Ekspedisi NKRI ini yang tidak akan pernah mereka lupakan, karena pengalaman yang didapatkan akan bermanfaat di kehidupan yang akan datang.

Dalam sanubari mereka, tentunya terpatri harapan besar bahwa kepedulian dari pemerintah daerah kepada generasi muda, terutama organisasi Gemapi sangat dibutuhkan, meskipun tidak ada dukungan nyata saat itu, tetapi dengan tekad dan semangat mengisi pengembangan dan pembangunan SDM pemuda Papua, mereka berjuang dan berdikari demi Provinsi Papua, bangsa dan negara.

“Diharapkan hasil dari kegiatan, kami ikuti Ekspedisi NKRI nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik yang menyangkut Ilmu Pengetahuan, Sosial, Ekonomi, Budaya, Potensi Wilayah dan Pelestarian Lingkungan secara khusus agar Papua ke depan dapat berkembang, maju dan sejahtera,” ujarnya.

Ekspedisi NKRI merupakan program dari pemerintah dengan harapan dapat mendorong seluruh komponen bangsa, khususnya generasi muda, untuk lebih mengenal Indonesia dengan berbagai keragaman hayati dan sosialnya, agar kecintaan terhadap tanah air semakin meningkat, yang sesuai dengan tema yang diusung “Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia”.

“Ekpedisi NKRI, berikan kami nuansa baru, bahwa Indonesia itu beranekaragam,” tutupnya. [Marv]

Post Tagged with ,

%d blogger menyukai ini: