Upaya Perdamaian Terus Dilakukan Bupati Intan Jaya

Caption : Natalis Tabuni saat menggelar jumpa pers di Jayapura/[M.D]

tvpapua.com, Jayapura 20/09.

Bupati Intan Jaya terpilih, Natalis Tabuni menyatakan pihaknya terus melakukan tahapan mediasi dengan kelompok-kelompok baik dari tim pasangan calon (paslon) nomor urut 2, 1 dan 4 dengan bantuan kerjasama dengan pihak keamanan dari Polda Papua.

 

” Kami sudah bertemu dengan Masyarakat dari pendukung 1, 2 dan 4 juga tim no urut 3, dimana semua pihak menerima usulan dan masukan untuk menghentikan perang dan berdamai, bersatu membangun Kabupaten Intan Jaya” hal itu dijelaskan Bupati Intan Jaya saat dikonfirmasi melalui telepon selular. Senin (18/9).

 

Dikatakannya, ketiga tim itu meminta agar tim no urut 3 segera merangkul semua pihak tim dan paling no urut 2. “Ini pemahaman yang luar biasa dari mereka”. Ucapnya.

 

Selanjutnya, diungkapkannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD)di lingkup Kabupaten Intan Jaya untuk melakukan identifikasi berkeluarga, perkelompok dan mendata seluruh kerusakan-kerusakan fasilitas pemerintah yang dirusak dan dibakar.

 

Ia menuturkan, kegiatan-kegiatan dan proyek-proyek yang sudah dilelang segera dijalankan untuk pembangunan kepentingan masyarakat di Kabupaten Intan Jaya.

 

“Sampai sejauh ini pelaku pembakaran makin jelas. Dari beberapa informasi yang diterima, beberapa oknum berasal dari Kampung Mamba. Informasi ini sedang didalami oleh Polda Papua.” terangnya.

 

Ditambahkannya, pada prinsipnya pihaknya masih menunggu kabar dari kepolisian, dan akan ada pertemuan yang difasilitasi oleh Polda Papua.

 

Natalis Tabuni meminta setiap OPD mendata seluruh fasilitas kantor yang dirusak, dijarah dan dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini penting, dimana pembangunan kantor menggunakan dana  APBD. Laporan ini untuk kepentingan laporan ke BPK, Bawasda, Pemerintah Provinsi dan  Menteri Dalam Negri Republik Indonesia.

 

“Selain itu untuk pertanggungjawaban anggaran negara kepada yang punya kewenangan dalam hal ini BPK dan KPK. Untuk dokumen pengangguran bisa dianggarkan berdasarkan kerugian yang ada.” Imbuhnya.

 

Dalam hal ini, Pemda Kabupaten Intan Jaya akan membentuk tim formal, yang akan dipimpin oleh Wakil Bupati bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Intan Jaya dan seluruh OPD  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya.

 

Natalis berharap hal ini dapat segera diselesaikan bersama dengan semua pihak, sehingga proses pembangunan di Kabupaten Intan Jaya dapat berjalan dengan baik.

 

Upaya untuk melakukan perdamaian dan pemulihan pasca konflik di Kabupaten Intan Jaya. Langkah langkah yang sudah ditempuh adalah melakukan pertemuan dengan Kapolda Papua pada 13 September 2017, 15 September 2017 pihaknya bertemu dengan Masyarakat Intan Jaya di Kabupaten Nabire dan pada 16 September 2017. Bupati dan Wakil Bupati telah melakukan pertemuan dengan pimpinan OPD dan pejabat eselon yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya. [M.D]

%d blogger menyukai ini: