AMP Gelar Pembekalan Persiapan PKL Untuk Siswa SMK Negeri 3 Jayapura

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 28/06

Jayapura – Dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang Pendidikan otomotif khususnya Teknik Sepeda Motor (TSM) yang sesuai dengan program “Sinergi Bagi Negeri”, Astra Motor Papua hadir memberikan pembekalan kepada siswa SMK Negeri 3 Jayapura.

Pembekalan ini dilakukan menjelang pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang akan segera dilakukan para siswa, hal ini dikarenakan SMK negeri 3 Jayapura salah satu SMK Binaan Astra Honda Motor (AHM) yang sudah berlisensi SMK TUK.

Vocational Manager Astra Motor Papua, Harry Pranata mengatakan bahwa kegiatan ini dipandu langsung oleh Technical Instructor sekaligus Vocational Officer Astra Motor PapuaHarjito dan dilaksanakan di aula SMK Negeri 3 Jayapura dan dilaksanakan pada tanggal 24Juni 2024 serta diikuti sebanyak 90 siswa jurusan otomotif.

Dalam pembekalan ini dipaparkan tentang nilai-nilai karakter budaya kerja dan sikap kerja unggul yang harus di miliki oleh setiap siswa pada masa PKL nanti.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan kami dalam meningkatkan mutu SMK Binaan melalui pembekalan skill maupn non skill sebelum memasuki dunia industri.Sejalan dengan semangat ‘Sinergi Bagi Negeri’, melalui pembekalan ini, siswa dapat memahami alur kerja, aturan maupun prosedur yang berlaku di dunia industri. Harapan kami dengan di terjunkan langsung siswa di dunia industri para siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari di sekolah dengan sikap kerja yang baik dan disiplin,” ungkap Harry.

Yusuf Lolo, S.T selaku kaprodi Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 3 Jayapura mengungkapkan, sesuai dengan kurikulum Merdeka dari kemendikbud, kegiatan PKL ini akan di laksanakan selama kurang lebih 5 bulan, para siswa akan di lepas dari sekolah dan akan ditempatkan di bengkel-bengkel resmi sepeda motor Honda (AHASS) yang berada di kota jayapura mulai tanggal 29 Juni 2024 hingga tanggal 15 November 2024.

Selama PKL, siswa akan di bimbing mekanik senior di AHASS, dan akan dimonitoring secara berkala oleh guru pembimbing, para siswa juga akan dibekali buku jurnal yang telah di terbitkan oleh AHM, buku jurnal ini nantinya wajib diisi para siswa salama periode PKL.

Buku jurnal sendiri berisi diantaranya latar belakang dan tujuan PKL, data siswa, data guru pembimbing, daftar kehadiran siswa, laporan kegiatan harian dan yang lainya. Diakhir PKL, siswa wajib membuat laporan PKL dan di submit ke AHM untuk di validasi, setelah tervalidasi AHM akan menerbitkan surat keterangan PKL sebagai bukti bahwa siswa sudah melaksanakan PKL dengan baik.

“Harapannya, kerjasama antara SMK Negeri 3 Jayapura dan Honda selalu terjalin dengan baik dan kegiatan-kegiatan kami dapat terus didukung kedepannya. Kami juga berharap melalui pembekalan ini, para siswa kami semakin siap untuk terjun merasakan dunia kerja lewat PKL dan dapat merasakan secara langsung bekerja dibawah bimbingan mekanik senior AHASS sehingga dapat merasakan banyak pengalaman,” tutup Yusuf. (***)