Ini Program CSR Astra Motor Papua

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 29/05

JAYAPURA – Astra Motor Papua dan Papua Barat terus meningkatkan pelayanannya, bukan saja dengan menyediakan produk motor honda. Tetapi juga, fokus meningkatkan kesadaran masyarakat penggunaan kendaraan sepeda motor untuk memperhatikan keselamatan pada saat berkendara, yang dilakukan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Dimana untuk program CSR tersebut, Astra Motor Papua menyasar 5 pilar yakni Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Donasi.

Bagas Fensanarko, Administration and Finance Manager, mengatakan upaya yang dilakukan untuk pendidikan adalah melakukan sosialisasi safety riding, yang juga merupakan salah satu program utama dari Astra Motor Papua dan Papua Barat. 

“Program safety riding selalu dilakukan guna meningkatkan para konsumen setia Honda terkait cara berkendara yang aman, baik itu tingkat SMU dan sederajat, Perguruan Tinggi dan juga komunitas,” katanya, Senin (27/5/2024). 

Selain program safety riding, Bagas menjelaskan, pihaknya juga melakukan kegiatan pelatihan dasar mekanik yang bekerjasama dengan Kemenkumham. Peserta yang terlibat didalamnya merupakan mantan narapidana, menurutnya dengan melibatkan mantan narapidana dengan begitu dapat menambah pengalaman kerja. 

“Ini merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, adapun materi pelatihan berupa ganti oli, tambal ban dan sebagainya,” jelasnya. 

Administration and Finance Manager, Bagas Fensanarko (Kanan), Marketing Manager, Elang Samodra (Kiri)/ Bebo

Sementara untuk kesehatan merupakan program CSR yang paling sering dilakukan yaitu donor darah, yang dilakukan 3 bulan sekali, tahun ini baru dilakukan pada awal Februari, dan akan dilakukan lagi pada Juni 2024.

“Kami juga berikan pemberian makanan tambahan bagi posyandu dalam rangka mencegah stunting, tahun 2023 lalu kita berikan 135 paket makanan tambahan, tahun ini juga akan kita adakan, serta ada juga pemeriksaan kesehatan gratis,” terangnya. 

Selain itu untuk program kewirausahaan pihaknya fokus pada pengembangan UMKM, meski belum dilakukan, tetapi dirinya mengakui sedang dalam tahap perencanaan. 

Dan untuk pilar lingkungan, ada program nasional yaitu penanaman pohon, dan akan terapkan di Papua, kedepannya akan dilakukan penanaman 700 bibit pohon. 

“Yang sudah berjalan, kita ada kerjasama dengan Bank Sampah, jadi limbah yang ada seperti limbah sampah plastik dari botol oli dan sebagainya, kita serahkan ke Bank Sampah untuk dikelola,” ungkapnya.

Sementara untuk pilar donasi, Bagas membeberkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kota Jayapura beberapa waktu lalu.

“Kita juga melakukan pembagian 570 paket sembako tahun lalu, dan di bulan ramadhan tahun ini kita ada aksi bagi-bagi takjil 630 kotak. Kami juga berencana pada idul adha nanti akan menyumbangkan hewan qurban,” bebernya.

Bagas berharap, melalui program CSR dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat yang ada di wilayah kerja Astra Motor Papua. 

Hal yang sama juga disampaikan Marketing Manager, Elang Samodra, bahwa penerapan program CSR menciptakan keberlanjutan dalam seluruh kegiatan bisnis dengan tetap menyeimbangkan kepentingan ekonomi dan sosial. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.