Kampung Literasi Silo Hadir Untuk Peningkatan Literasi Anak- Anak di Kab Biak Numfor

Spread the love
Rumah Baca Silo Ambroben yang melayani 4 kampung di Kab. Biak Numfor, Papua/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 10/05

Biak Numfor – Wahana Visi Indonesia (WVI) telah meresmikan Rumah Baca Silo dan sekaligus melakukan serah terima Kampung Literasi Silo secara sah kepada pihak Gereja GKI Silo Ambroben di Kab. Biak Numfor, Papua. 

Kampung Literasi Silo yang didukung oleh Central Department Store dan Mastercard ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pembangunan kesadaran anak dan masyarakat mengenai pentingnya literasi.

Dalam menjalankan Kampung Literasi Silo yang dimulai sejak Oktober 2023 ini, WVI melakukan dua model yaitu Wahana Literasi dan Pengasuhan Dengan Cinta, dimana keduanya saling terkait erat. 

Pemerintah di level desa juga didampingi agar bisa mengatur perencanaan dan penganggaran untuk peningkatan literasi anak. Ini merupakan wujud nyata visi WVI sebagai yayasan kemanusiaan, yaitu agar setiap anak dapat hidup utuh sepenuhnya. 

Sabtarina Febriyanti, General Manager WVI Zonal Papua menjelaskan, Selama kurang lebih 8 bulan pihaknya telah melatih para tutor, agar kedepannya saat WVI tidak ada lagi di Biak, para tutor ini tetap dapat mendampingi masyarakat.

“Kami berharap anak dan masyarakat penerima manfaat Kampung Literasi Silo di empat kampung yaitu Ambroben, Kababur, Karyendi, dan Masnwam, memahami pentingnya literasi, khususnya bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.” jelasnya dalam rilis yang diterima Tvpapua.com, Jumat (10 Mei 2024).

Pendidikan merupakan pondasi penting anak-anak untuk hidup yang lebih berkualitas. Di Kampung Literasi Silo juga terdapat empat Pos Baca di titik-titik tempat berkumpulnya anak-anak di kampung. 

WVI juga melakukan pendampingan kepada para orang tua agar mampu mendampingi anaknya, salah satunya dengan membuat Pojok Baca di rumah. WVI, donor, dan para mitra terkait termasuk pemerintah, berharap Kampung Literasi Silo dapat membawa perubahan yang bermakna untuk anak-anak di Kab. Biak Numfor.

Wahana Visi Indonesia bersama pemkab Biak Numfor dan mitra terkait lainnya saat serah terima Kampung Literasi Silo/ Istimewa

Arner A.R. Rumakito, Staff Ahli 3 Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kab. Biak Numfor menyampaikan, Keberadaan Kampung Literasi Silo memberi perluasan akses informasi kepada anak-anak dan masyarakat. Pemerintah kampung sebagai ujung tombak pembangunan di tingkat bawah wajib mendukung. 

“Kedepannya kita punya tanggung jawab bersama untuk mengatasi kendala yang mungkin akan muncul, karena kita semua berperan untuk peningkatan pendidikan anak-anak kita.” ujarnya.

Sementara itu, Hedy Djaja Ria, Direktur PT Central Retail Indonesia mengatakan, Kampung Literasi Silo merupakan hasil program CSR di tahun 2022, dimana pihaknya mengajak pelanggan untuk bersama-sama membawa perubahan, khususnya di bidang pendidikan untuk anak-anak di Papua. 

“Besar harapan kami, ini dapat membantu anak-anak di Biak Numfor mewujudkan mimpi-mimpi mereka,” harapnya.

Kampung Literasi Silo merupakan simbol harapan anak-anak di Biak Numfor agar dapat menjelajahi dunia melalui buku dan ilmu pengetahuan. 

“Ini bentuk komitmen kami, yaitu menjadikan dampak sosial yang berkelanjutan sebagai prioritas utama dalam mendorong pemberdayaan lingkungan dan komunitas di Indonesia”, ujar Wibawa Prasetyawan, Vice President and Head of Account Management Financial Institution Mastercard Indonesia. (***)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.