Pj Gubernur Papua Buka Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, RKPD dan Otsus

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 24/04

Jayapura – Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Musrenbang Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2025, yang akan berlangsung dari tanggal 24-25 April 2024, di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Dalam sambutannya Ridwan Rumasukun mengatakan tujuan Musrenbangda Tahun 2024 ini untuk menyampaikan rancangan RPJPD tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan, sasaran pokok RPJPD dan menyepakati permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan, peneyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional serta mengklarifikasi program kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dengan kegiatan Kabupaten/ Kota. Dan juga untuk menyepakati bersama program strategi bersama yang bersumber dari dana Otonomi Khusus.

“Musyawarah perencanaan pembangunan merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, melakukan tukar pikiran dan pendapat antar pemangku kepentingan baik pemerintah akademis, swasta maupun masyarakat yang menjadi momentum pentingnya dalam mengakomodir usulan-usulan pembangunan baik dari kabupaten sampai tingkat nasional”, ujarnya, Rabu (24/42024).

Rumasukun menjelaskan, RKPD mempunyai kedudukan yang sangat strategis yang penyusunannya dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta mewujudkan efisiensi dan alokasi sumberdaya pembangunan daerah.

“Tentunya pembangunan yang dilakukan daerah juga harus mendukung pelaksanaan pembangunan tingkat nasional,” jelasnya.

Kegiatan tersebut mengusung tema “ Peningkatan Sumber Daya Manusia Berkarakter Berbasis Ekonomi Inklusif sebagai Modal Dasar Transformasi pembangunan Papua”. Dengan prioritas penningkatan kualitas dan pemerataan pertumbuhan sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan, percepatan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur dan konektivitas wilayah, peningkatan keamanan dan ketertiban berbasis kohevitaskeberagaman dan keagamaan, serta peningkatan tata kelola pemerintahan.

“Tema dan prioritas ini hendaknya menjadi bahan yang harus dipedomani oleh kabupaten/ kota untuk mengusulkan program/ kegiatan dalam musyawarah perencanaan daerah tingkat provinsi tahun 2024 serta forum perangkat daerah yang akan dilaksanakan oleh Bappeda Papua,” katanya.

Ia berharap musyawarah ini dapat menghasilkan berbagai gagasan yang baik untuk menjawab berbagai isu pembangunan yang sedang dihadapi.

“Kita semua selalu optimis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita, secara menyeluruh, berkeadilan, mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia Papua sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing dalam melanjutkan pembangunan kedepan,” tutupnya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.