SMK N 3 Teknologi & Rekayasa Jayapura Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Bersama Astra Motor Papua

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 17/03

Jayapura – Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK Negeri 3 Teknologi & Rekayasa Jayapura jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) Binaan Astra Motor Papua yang diresmikan dan mendapat license dari PT Astra Honda Motor pada bulan Februari lalu, melaksakan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa Teknik Sepeda Motor (TSM) Kelas XII. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam merawat dan memperbaiki sepeda motor dengan standar dunia industri. 

Technical Instruktur Astra Motor Papua, Harjito menjelaskan bahwa Astra Motor Papua sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Papua dan selaku pembina SMK Negeri Jayapura akan selalu mendukung kegiatan ini, Kegiatan yang akan berlangsung selama 6 hari ini (5-14 Maret 2024) akan memiliki skema 4 hari kegiatan UKK Sekolah dan 2 hari kegiatan UKK Versi Dunia Industri (DUDI). 

“Agar dapat sejalan dengan perkembangan teknologi dunia industri, kami Astra Motor Papua akan hadir dalam kegiatan pengembangan dan implementasi kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk memberikan dukungan standar teknis dan penguji untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan yang ada,” ungkap Harjito

Hadir sebagai asessor uji kompetensi keahlian dari dunia industri diantaranya, Technical Instruktur Main Dealer (Harjito) dan 2 Kepala Mekanik Astra Motor (Jaenuri & Wahyu Sudarmono). Selama proses uji kompetensi berlangsung, para penguji akan memberikan pengawasan dan bimbingan kepada siswa untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PT Astra Honda Motor.

Sebanyak 22 siswa kelas XII sangat antusias dalam megikuti kegiatan Uji Kompetensi Keahlian ini, materi yang di ujikanpun mencakup beberapa aspek penting dalam teknik sepeda motor, diantaranya perbaikan dan pemeriksaan sistem pengereman, sistem transmisi otomatis (CVT), Sistem Karburator, sistem Suspensi, sistem pengisian baterai, dan cara mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI. 

Siswa diharapkan dapat menunjukkan pemahaman mendalam dan keterampilan mereka dalam mengatasi tantangan yang akan dihadapi dalam pekerjaan sehari-hari di industri sepeda motor kelak.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Jayapura, Frans Tunggul menyampaikan pentingnya pelaksanaan Uji Kompetensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja. 

“Pelaksanaan Uji Kompetensi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, oleh karena itu saya berterima kasih atas dukungan dari Main Dealer Astra Motor Papua dalam penyelenggaraan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian ini, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk mendukung pendidikan vokasi di SMK Negeri 3 Jayapura,” pungkasnya. (***)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.