BI Papua Beri Apresiasi Responden Survei Atas Kontribusi Data dan Informasi

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 06/11

Jayapura – Bank Indonesia Papua memberi apresiasi kepada responden survei atas kontribusi data dan informasi di sela-sela acara Temu Responden tahun 2023 dengan tema “Torang Pu Data, Bersama Majukan Bangsa“, berlangsung di Auditorium Kantor Bank Papua Indonesia Provinsi Papua, Kota Jayapura, Kamis (02/11).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema tersebut selaras dengan semangat perjuangan dan kepahlawanan yang baru saja diperingati pada tanggal 28 Oktober 2023 sebagai Hari Sumpah Pemuda dan tanggal 10 November 2023 yang akan datang sebagai Hari Pahlawan.

Dengan demikian, ujarnya, responden survei secara tidak langsung juga dapat dianggap sebagai pahlawan, karena kontribusi datanya sangat penting untuk perumusan kebijakan yang tepat.

“Salah satu contoh hasil pemantauan perkembangan harga komoditas melalui SPH dan PIHPS di pasar tradisional dan pasar modern yang dapat digunakan untuk mengetahui proyeksi laju inflasi ke depan, sehingga Bank Indonesia dapat menentukan langkah pengendalian yang perlu segera diambil, seperti strategi 4K Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang terdiri dari Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif,” ujarnya.

Lanjut dijelaskan, dengan langkah strategis dan sinergi yang erat bersama stakeholders terkait seperti penyelenggaraan gerakan pangan murah, koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara rutin mingguan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta kerjasama antar daerah untuk fasilitasi distribusi komoditas pangan, inflasi di wilayah Papua dapat terkendali ke dalam target yang telah ditetapkan.

Pada Temu Responden tahun 2023 ini, para responden dihibur dengan serangkaian acara seperti seminar motivasi humor oleh Setyawan Tiada Tara, band performance oleh D’Project Band, pembagian berbagai doorprize menarik, serta pengumuman pemenang lomba kostum terbaik dengan tema perjuangan dan kepahlawanan.

Dia berharap acara ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Bank Indonesia Papua dengan para responden.

“Ke depan diharapkan pula dapat semakin meningkatkan kualitas perolehan data survei dalam rangka perumusan kebijakan Bank Indonesia,” ungkap Juli. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.