Terpilihnya Empat Pelatih Pra PON Sepak Bola dan Futsal Papua

tvpapua.com, Jayapura, 14/07

JAYAPURA – Fernando Fairyo, mantan atlet sepak bola PON XIII Jakarta, September 1993, mengapresiasi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, yang resmi mengumumkan pelatih Pra PON Sepak Bola dan Futsal Papua jelang babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Langkah Ketua Asprov PSSI Dr. Benhur Tomy Mano dinilai sangat positif guna menyiapkan sejak dini tim sepak bola dan futsal jelang babak kualifikasi PON XXI.

Fernando mengatakan terpilihnya empat pelatih Pra PON sepak bola dan futsal yakni Ricardo Salampessy sebagai pelatih tim speak bola putra, Thomas Madjar pelatih sepakbola putri, Daud Henry Arim pelatih tim futsal putra dan Matheus Theo Balubun sebagai pelatih tim futsal putri, sangat tepat.

“Sangat tepat karena mereka punya pengalaman dan segudang prestasi. Keempatnya memiliki track record yang sangat baik,” ungkap Fernando, Jumat, 14 Juli 2023,di Jayapura.

Dia mengatakan dari sisi regulasi, mereka memenuhi syarat karena telah mengantongi lisensi Asian Football Confederationon Federasi (AFC) sebagai pelatih serta memiliki track record yang baik.

“Ricardo punya pengalaman di Timnas, kemudian Thomas dan saudara Daud Arim sukses membawa tim sepak bola putri dan futsal putra meraih medali emas di PON XX Papua,” ungkap mantan kapten Persipura Jayapura itu.

Fernando berharap masyarakat sepak bola dan futsal memberikan dukungan penuh kepada keempat pelatih tersebut, sehingga mereka dapat meracik skuadnya dengan cepat.

“Berharap semua masyarakat sepak bola dan futsal Papua mendukung keempat pelatih ini sehingga mereka dengan segera menyiapkan tim termasuk para asisten dan perangkat pendukung lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Pra PON Sepak Bola Putra, Ricardo Salampessy menyatakan siap bertugas sebagai juru taktik tim sepak bola Papua menghadapi babak kualifikasi PON sepak bola yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang.

Ricardo juga siap untuk mengorbitkan talenta-talenta muda terbaik dari Tanah Papua.

“Puji Tuhan untuk kepercayaan yang diberikan ini. PON merupakan ajang bergengsi nasional tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk mengikuti jejak prestasi yang sudah di torehkan sebelumnya untuk Tanah Papua sembari mengorbitkan talenta-talenta terbaik Papua di kancah Nasional,” katanya, Jumat (14/7/2023).

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Kamis (13/7/2023), resmi mengumumkan hasil seleksi pelatih tim sepakbola putra, putri dan futsal putra putri, Dari 17 pelatih yang mendaftar, akhirnya empat pelatih Papua ditetapkan untuk menakhodai tim sepakbola dan futsal.

“Dari 17 calon yang telah mendaftar dan melakukan tahapan seleksi yang dibuka pada 15 – 20 Juni. Lalu berlanjut pada pemaparan program 22-23 Juni. Pelatih yang dipilih berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan yakni WNI,” ungkap Ketua Asprov PSSI Papua, Benhur Tomy Mano dalam keterangan persnya, Kamis, 13 Juli 2023.

Tomy Mano mengatakan, untuk pelatih kepala putra minimal lisensi B, dan lisensi C untuk asisten juga CV. Dan mereka mengirimkan CV rekam jejak. Untuk syarat futsal putra putri, pelatih kepala putra lisensi AFC level 2, asisten level 1 nasional dan juga CV. Untuk futsal putri lisensi AFC level 1 pelatih kepala, asisten pelatih lisensi 1 nasional.

Dari 17 pelatih yang mendaftar berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Bandung, Jakarta, Bontang dan Deli Serdang.

“Kepada pelatih yang telah ditetapkan segera mempersiapkan tim guna menghadapi Pra-PON hingga pelaksanaan PON XXI. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan KONI Papua terkait TC dan permohonan menjadi tuan rumah Pra-PON. Kita berharap tim yang kita bentuk bisa mempersembahkan yang terbaik dan lolos ke PON XXI,” ujarnya. (QB)