Gedung PYCH Papua Akan Diresmikan Presiden Jokowi 21 Maret 2023

Tampak Gedung Papua Youth Creative Hub yang Rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 21 Maret 2023 mendatang/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 17/03

Jayapura – Gedung Poros Kreatif Pemuda Papua atau Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang berlokasi di Jayapura Papua, sudah selesai dibangun. Rencananya, gedung tersebut bakal diresmikan Presiden Joko Widodo pada 21 Maret 2023.

Terkait hal tersebut, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim menyatakan bahwa PYCH sudah rampung. Pembangunan gedung ini dimulai pada Oktober 2021 dan telah dipercepat dari perencanaan selesai pada Desember 2022, menjadi Oktober 2022.

‚ÄúPembangunan Gedung PYCH ini sudah selesai, dan kita membangun gedung ini dengan kualitas sangat baik. Pak Jokowi rencananya akan meresmikan gedung ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, Gedung PYCH diinisiasi oleh anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI). Kelompok ini langsung dibawah pembinaan Badan Intelijen Negara (BIN). Dalam hal ini, BIN mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cendrawasih tersebut.

Gedung PYCH dibangun dengan megah, memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua. Gedung PCYH dibangun di atas lahan seluas 1,5 Ha berkat inisiasi Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Gedung ini disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat Papua karena memiliki berbagai fasilitas, diantaranya dapat digunakan untuk co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga.

Nantinya gedung ini akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI akan berkolaborasi dan menjadi motor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) muda di Bumi Cendrawasih tersebut. Dengan adanya keterlibatan peran pemuda tersebut, kemajuan Papua diharapkan dapat segera tercapai. (***)

%d blogger menyukai ini: