Koramil Oksibil Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Bersama Para Pelajar SMKN 1 Oksibil

Spread the love
Upacara Bendera peringatan Hari Pahlawan, di halaman SMK Negeri 1 Oksibil, Kampung Esipding, Distrik Serambakon, Kab. Pegunungan Bintang/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 10/11

OKSIBIL – Komandan Koramil 1715-01/Oksibil Kapten Cba Dwi Wawan bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, di halaman SMK Negeri 1 Oksibil, yang berada di Kampung Esipding, Distrik Serambakon, Kab. Pegunungan Bintang, Kamis (10/11).

Upacara diikuti oleh seluruh siswa/i SMK Negeri 1 Oksibil beserta para guru dan staf. 

Pada kesempatan ini, Danramil membacakan amanat Menteri Sosial RI yang menyampaikan bahwa Hari Pahlawan yang setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa.

“Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan,” ujarnya.

Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kdi Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. 

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” kata Danramil membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Oksibil Dominikus Tarong, S.Pd, M.Pd setelah upacara menyampaikan terima kasih kepada Koramil Oksibil yang telah membantu dan terlibat langsung dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan di sekolahnya. 

“Terima kasih karena sudah memberikan ilmu, pembekalan serta kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter para siswa-siswi di sekolah ini. Kegiatan dari Koramil terus berjalan dari peringatan sumpah pemuda dan kali ini dilanjutkan peringatan hari pahlawan nasional. Untuk itu, sekali lagi saya mewakili seluruh guru dan staf SMKN 1 Oksibil berterima kasih kepada Kodim Yahukimo terkhusus kepada Koramil Oksibil,” tuturnya. 

Sementara itu, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Victorianus Tethool menuturkan melalui upacara bersama seperti ini, Koramil Oksibil meminta mengajak para generasi muda Papua untuk berkaca pada perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan dengan susah payah.

“Perjuangan terkini adalah bagaimana kaum muda mempersiapkan diri menghadapi perkembangan global saat ini. Salah satunya dengan menanamkan disiplin dalam diri sendiri, disiplin belajar, disiplin waktu dan lain-lainnya. Kita berharap para pelajar ini mampu meneladani semangat para pahlawan agar mereka dapat terus maju dan pantang menyerah meraih cita-cita di masa depan,” pungkasnya. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.