Kuliah Umum Politik Luar Negeri, dengan Tema “Indonesia dan Dinamika Dunia”

Spread the love
Peringati HUT Kementerian Luar Negeri ke-77, tepat pada 19 Agustus 2022, Direktorat Pasifik dan Oseania, Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan kuliah umum Politik Luar Negeri secara tatap muka di Universitas Cenderawasih/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 22/08

JAYAPURA – Dalam rangka peringatan HUT Kementerian Luar Negeri ke-77, tepat pada 19 Agustus 2022, Direktorat Pasifik dan Oseania, Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan kuliah umum Politik Luar Negeri secara tatap muka di Universitas Cenderawasih (UNCEN), Jayapura.

UNCEN merupakan salah satu kampus di 37 Provinsi yang terpilih mewakili Provinsi Papua dalam kegiatan kuliah umum.

Kegiatan dibuka langsung oleh Pembantu Rektor (PR) 4, didampingi Dekan Fakultas Ilmu Politik serta dihadiri kurang lebih 150 peserta dari kalangan mahasiswa dan dosen. Tema dari kegiatan kuliah umum dimaksud adalah “Indonesia dan Dinamika Dunia”.

Kegiatan dilaksanakan di auditorium utama, Jl. Raya Abepura Sentani, Hedam, Kota Jayapura. Dalam sambutannya, PR 4 menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kemlu dan memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk ikut menjadi bagian dari diplomasi Indonesia serta turut berpartisipasi dalam membangun bangsa.

PR 4 berharap Kemlu akan terus berkolaborasi dengan UNCEN dalam menyelenggarakan diskusi/ dialog mengenai isu-isu yang relevan dengan Papua secara rutin untuk menyemangati dan memotivasi para mahasiswa dan civitas akademika.

Sementara itu hadir pula Ibu Mentri Luar Negeri yang menyapa para peserta kuliah umum melalui live meeting.

Dalam sambutannya, Menlu Retno Marsudi juga secara khusus mengajak para mahasiswa untuk memperkuat persatuan dan membangun bangsa dan disambut gembira oleh Para peserta yang hadir karena disapa secara live oleh Ibu Menlu dan merespon positif isi sambutan yang disampaikan.

PR 4 dan Dekan Fisip UNCEN beserta para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan. Awalnya kegiatan diagendakan jam 10-12 namun karena antusiasme para peserta yang cukup tinggi, kegiatan baru dapat berakhir pada pukul 13.00 WIT.

Terdapat banyak pertanyaan dari mahasiswa namun tidak dapat diakomodir semua karena keterbatasan waktu. Pertanyaan dari para mahasiswa adalah seputar G20, ASEAN, Indo-Pasifik dan Diplomasi Kesehatan. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah “bagaimana generasi muda Papua dapat menyiapkan diri untuk ikut serta berperan dalam memanfaatkan posisi strategis sebagai penghubung kepentingan di kawasan Indo-Pasifik. (**)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.