Bangkitkan Semangat Nasionalisme Lewat Gerakan Bagi 10 Juta Bendera

Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, saat memberikan sambutan/ ISTIMEWA

tvpapua.com, Jayapura, 13/08

MERAUKE – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, M. Tito Karnavian mengatakan gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air.

“Adapun daerah gerakan pembagian simbol negara ini di wilayah Indonesia Timur, Provinsi Papua (Merauke), Indonesia Tengah, Jawa Timur (Surabaya dan Indonesia Barat (Kota Banda Aceh),” katanya.

Tito Karnavian mengaku bangga dengan kegiatan ini karena mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat Papua di wilayah Papua Selatan. “Saya merasa bangga karena acara ini dilaksanakan di depan gedung kantor bupati Merauke, saya juga sudah melihat video bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Bapak Bupati Merauke dalam rangka untuk menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-indonesia,” ujarnya.

Beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang ke-77 dan sebagaimana biasanya kita melaksanakan upacara sebagai bentuk rasa nasionalisme, patriotisme sebagai anak Indonesia.

Kita harus bangga, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik. “saya sudah jalan lebih hampir 100 negara dan bangsa kita ini adalah bangsa yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain, sebab kita satu satu negara kepulauan terbesar di seluruh dunia,” terangnya.

Saya juga merasa bangga, karena kembali ke Papua seperti pulang ke kampung sendiri, karena saya adalah mantan Kapolda disini.

“Saya bangga dengan Papua, sebab matahari selalu bersinar dari timur ke barat enggak pernah dari Barat ke Timur, sehingga kita mengikat Indonesia kedalam Bhinneka Tunggal Ika, artinya berbeda-beda tetap satu jua. Ini menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi lambang negara Garuda Pancasila,” pungkasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: